NEWSSUMUT

BP Jamsostek Sosialisasi Manfaat Di HKBP Distrik Samosir

Rabu, 05 April 2023, 22:05 WIB
Last Updated 2023-04-05T15:05:25Z
Kepala BPJamsostek Padang Sidempuan Dr.Sanco Simanullang (4 kanan) foto bersama dengan peserta sosialisasi manfaat Jamsostek di HKBP Distrik Samosir.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR : 

Dalam rangka menyambut Tahun Profesionalisme dan Penatalayanan, HKBP Distrik VII Samosir gelar sosialisasi manfaat menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) bagi keluarga pekerja, Selasa (4/4).


Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang ST, MT, IPM, ASEAN Eng, Rabu (5/4) mengatakan sosialisasi manfaat Jamsostek yang digelar tanggal 4 April 2023 di gedung Pertemuan HKBP Distrik 7 Pangururan bertujuan untuk penguatan masa depan keluarga jemaat sebagai pekerja.




Dr. Sanco Simanullang yang diundang sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa BPJamsostek siap melayani peserta di manapun berada dan sejak 2008 para pelayan HKBP telah banyak yang ikut Program Jamsostek.


“Para pelayan dan hamba Tuhan ikut paket program bervariasi. Ada yang ikut program lengkap, Jaminan Kecelakan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JPN). Namun, tidak sedikit yang ikut 2 Program yaitu JKK dan JKM, yang dibandrol iuran Rp16.800 per bulan, manfaat jaminan Kematian Rp42 juta,” tuturnya.


Kepesertaan Jamsostek bagi pelayan full timer (penuh waktu), ucap Dr. Sanco kini telah terpusat di HKBP Pearaja Tarutung secara sentralistik. Namun, baru dengan 2 program yakni JKK dan JKM yang dicover. Sanco menyarankan ke depan, paket 2 program dapat ditingkatkan menjadi 4 program.


“Semoga pada masa sinode dapat disepakati menjadi 4, dapat dilakukan, agar para hamba Tuhan mendapatkan jaminan hari tua dan pensiun dari negara. Terima kasih amang Praeses, kami siap melayani pelayan hingga jemaat seluruhnya,” ujar Sanco.


Praeses HKBP Distrik VII Samosir Pendeta Rein Justin Gultom menegaskan salah satu tugas diakonia adalah melakukan pelayanan kasih kepada sesama yang berkekurangan dalam berbagai bentuk, agar mereka dapat mandiri dan menjadi berkat bagi orang lain.


“Terlebih kalau datang duka (habot niroha), perlu gotong royong meringankan beban sesama.Saya kira BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk nyata pelayanan Diakoni Sosial, gotong royong.Ini sangat membantu waris kala duka,” ujar Rein Justin Gultom usai sosialisasi.


Pendeta Rein mengungkapkan bahwa secara khusus mengundang Kepala BPJamsostek Padangsidimpuan Dr Sanco Simanullang. “Sejak lama, Sanco acap memberikan sosialisasi jaminan sosial lintas sektor,” ungkapnya.


Dijelaskan, program strategis terkait Orientasi Pelayanan HKBP Tahun 2023 tahun Profesionalisme dalam Penatalayanan sudah dilakukan. Namun penguatan pemahaman Jaminan Sosial, masih sangat dibutuhkan, lantaran sejumlah huria, pagaran dan resort belum memahami secara mendalam.


“Padahal, dengan iuran yang sangat terjangkau, manfaat sangat besar diharapakan seluruh jemaat di Pulau Samosir, terakses menjadi peserta BP Jamsostek.Saya kira dalam waktu dekat, kita akan kampanyekan besar besaran hingga ke aras jemaat di huria,” tuturnya.


Sementara, Direktur Rumah Sakit HKBP yang diwakili Kepala Bidang Harry Siagian dan Sihar Sitorus, membeberkan capaian dan kemajuan kinerja RS HKBP Balige. “Banyak layanan baru seperti ICU PICU MICU, Hemodialisasi dan layanan lainnya di Rumah Sakit yang sudah ditingkatkan, kami siap melayani pasien sebaik-baiknya,” kata Harry.(BG/TS)





TRENDINGMore