INFRASTRUKTURNEWSSUMUT

Gubsu Coba Jalan Alternatif Medan-Berastagi Via Kutalimbaru

Rabu, 12 April 2023, 07:14 WIB
Last Updated 2023-04-12T00:14:57Z
Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, meninjau dan sekaligus menjajal jalan alternatif Medan-Berastagi via Kutalimbaru.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mencoba jalan alternatif Medan-Berastagi via Kutalimbaru, Selasa (11/4). Sekitar 9,75 Km jalan tersebut telah selesai diperbaiki dan dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut).


Jalur yang telah rampung dibangun berada di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kutalimbaru, Deliserdang. Saat ini masih dalam proses pembangunan membuka jalan baru di Dusun Tanduk Benua, karena di lokasi ini terdapat tanjakan yang sangat curam.


Total jalur alternatif via Kutalimbaru ini sekitar 55,87 Km, lebih pendek dari jalur utama (jalan nasional) 76 Km. Selain itu, jalur ini juga lebih landai dari jalan nasional, sehingga akan mempercepat waktu tempuh antara Medan-Berastagi.


Kepala Desa Suka Makmur Bahtiar Ginting sangat bersyukur jalan di desanya telah dibangun dan diperbaiki. Namun, dia berharap agar tanah di desanya bisa disertifikasi, karena saat ini sebagian besar kawasan desanya merupakan kawasan hutan.


Gubsu Edy Rahmayadi, mengatakan pembangunan jalan ini nantinya menjadi jalan produksi, atau jalur barang dari Karo-Medan sebaliknya. Sehingga dapat mengurangi kemacetan di jalan yang sekarang (jalan nasional.


"Pembangunan jalan ini tidak akan ada yang dirugikan, karena kitalah yang menikmatinya,"untuk kesejahteraan,"ujar Edy.(BG/MED)



TRENDINGMore