NEWSSUMUT

Yayasan Kanker Indonesia Road Show Sekolah "Cegah Kanker pada Remaja"

Rabu, 12 April 2023, 07:19 WIB
Last Updated 2023-04-12T00:19:03Z
Yayasan Kanker Indonesia (TKI) Sumut gelar road show sekolah"cegah kanker pada remaja dengan cerdik, bergambar bersama dengan peserta.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Edukasi tentang pencegahan kanker sejak dini terus dilakukan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara (Sumut) dengan berbagai kegiatan. Antara lain melalui kegiatan Road Show Sekolah ‘Cegah Kanker pada Remaja dengan Cerdik’ di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nur Azizi Tanjung Morawa, Deliserdang.


Ketua YKI Sumut Nawal Lubis mengatakan kehadiran YKI Sumut untuk memberikan pemahaman di kalangan pelajar tentang apa itu kanker, penyebab dan jenis, serta cara pencegahan dan tindakan jika telah terkena penyakit kanker.


"Kita kolaborasi dengan YKI Deliserdang, edukasi anak-anak kita mengantisipasi sedini mungkin pemicu kanker, termasuk gaya hidup agar mereka terhidar dan tidak terkena kanker,” kata Nawal Lubis di Ruang Praktek Siswa (RPS) Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa, Jalan Pahlawan Nomor 28 Tanjung Morawa, Deliserdang, Selasa (11/4).


Menurut Nawal, kanker bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, baik pria maupun wanita. Tetapi kanker juga bisa dicegah sejak dini, dengan menerapkan pola hidup sehat dan CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres).


Nawal juga berpesan, jika ada ganguan kesehatan seperti ada benjolan di tubuh, untuk segera melakukan pemeriksaan, sehingga segera bisa diketahui dan tidak menyebar. "Mereka tidak boleh malu, ini demi kesehatan. Jangan sudah stadium lanjut baru datang. Semakin cepat diketahui semakin baik agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat secara medis," jelas Nawal Lubis


Ketua YKI Kabupaten Deliserdang Anita Lubis mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman pencegahan dini penyakit kanker di kalangan remaja, sebagai generasi penerus bangsa. Karena pencegahan sejak dini telah terbukti meningkatkan angka kesembuhan pasien.(BG/MED)



TRENDINGMore