NEWSSUMUT

Gubsu: Libur Idul Fitri 1444 H Dongkrak Ekonomi Sumut

Senin, 24 April 2023, 18:24 WIB
Last Updated 2023-04-24T11:24:54Z
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, mengatakan selama liburan Hari raya Idul Fitri 1444H, putaran uang capai triliunan rupiah.


MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Momen liburan dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023, tidak terlepas dari belanja ataupun pengeluaran terkait kebutuhan untuk semarak perayaan Idulfitri.



Seperti belanja untuk kebutuhan perlengkapan, konsumsi, ataupun belanja barang dan jasa lainnya. Begitu juga dengan kegiatan mudik Lebaran, yang semuanya mendongkrak perputaran uang.


Gubernur Sumatera Utara, menyampaikan prediksi perputaran uang dalam menyambut sekaligus semarak perayaan Idulfitri di Sumut.


Hitung-hitungan kasarnya, kata Gubernur Edy Rahmayadi, diperoleh dari jumlah prediksi pemudik masuk Sumut sebanyak 2,2 juta orang, berdasarkan data Dinas Perhubungan Sumut.


Jika satu orang saja dari 2,2 juta pemudik itu mengeluarkan biaya Rp 1 juta di Sumut, maka perputaran uang mencapai Rp 2,2 triliun. Lalu Jika biaya Rp 5 juta, mencapai Rp 11 triliun.


"Kalau kita ambil biaya rata-rata Rp 2 kita sampai 3 juta per orang, berarti ada Rp 4,4 triliun sampai Rp 6,6 triliun. Itu masih dari pemudik luar Sumut saja," ujar Gubernur Edy Rahmayadi di Medan, Senin (24/04/2023).


Kemudian warga Sumut yang mudik di dalam wilayah Sumut itu sendiri, diprediksi sampai 3,6 juta orang (25% dari jumlah penduduk Sumut 14,5 juta).


Dari prediksi jumlah pemudik warga Sumut itu, sudah pasti masing-masing mengeluarkan biaya. Prediksi jika biaya 1 juta per orang, berarti Rp 3,6 triliun. Lalu jika biaya Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per orang, maka perputaran uang Rp 7,2 triliun sampai 10,8 triliun.


Artinya dari prediksi atas 2 estimasi tersebut (pemudik masuk Sumut dan pemudik antar wilayah di Sumut), kata Gubernur Edy Rahmayadi, maka diperkirakan perputaran uang di Sumut mencapai sampai Rp 17 triliun lebih.


Namun, kata Gubernur Edy Rahmayadi, bukan soal jumlah total biaya pengeluaran itu yang perlu, melainkan soal dampak multiplier dari perputaran uang terhadap perekonomian Sumut, khususnya ke sektor UMKM.


"Sudah pasti momen hari besar keagamaan seperti Lebaran, menimbulkan perputaran uang, berapa pun itu jumlahnya, bahkan sedikit saja pun sudah pasti mempengaruhi ekonomi rakyat, bertumbuh, apalagi pengeluaran yang besar, akan sangat bagus juga," ujar Gubernur Edy Rahmayadi.


Karena hal itu pula, Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan sejak awal, agar masing-masing pemudik membawa uang sebanyak-banyaknya ke Sumut, belanja sepuasnya di Sumut.



"Selamat berlibur Lebaran di Sumut, salam kami kepada keluarga dan sanak saudara. Nikmatilah Sumut ini, kalau tidak mendesak, tidak usah buru-buru pulang. Sama-sama kita ramaikan Sumut ini," pungkas Edy Rahmayadi.(BG/MED)

TRENDINGMore