NASIONALNEWS

Jokowi: Semoga Pilpres 2024 Demokratis, Saya Yakin Rakyat Dewasa Memilih

Jumat, 21 April 2023, 16:03 WIB
Last Updated 2023-04-21T09:03:30Z
Presiden RI, Jokowi (dok. screenshot YouTube PDIP).


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan harus dilakukan secara demokratis. Menurut Jokowi, pemimpin yang terpilih nantinya harus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan.


Hal itu disampaikan Jokowi usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) PDIP di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). Jokowi hadir mendampingi Megawati dalam pengumuman tersebut.


“Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita. Tetapi pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu,” kata Jokowi.


“Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program ungglan yang telah dicanangkan ideologi negara, Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia,” imbuhnya.


Jokowi melanjutkan, kesejahteraan rakyat yang adil dan merata juga harus menjadi semangat program pembangunan nasional nantinya. Selain itu, dia juga berharap pemimpin yang menggantikannya nanti juga bisa memperjuangkan kepentingan nasional.


“Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional. Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional,” tutur Jokowi.


Jokowi menuturkan, semangat Pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program. Dia yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan presiden pilihannya.


“Dan semangat Pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program, semangat ide-ide besar untuk bangsa dan negara, saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya,” ujar dia.


Lebih lanjut, Jokowi berharap Pilpres 2024 berjalan damai dan demokratis. Dia berharap pemimpin yang terpilih nanti meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur.


“Semoga Pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur,” kata Jokowi.


Jokowi sebelumnya juga menyatakan menghargai keputusan Megawati memilih Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP. Menurutnya, Ganjar merupakan kader PDIP yang dekat dengan rakyat dan selalu turun ke bawah.


“Saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan ibu Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDIP yaitu Bapak Ganjar Pranowo,” kata Jokowi.


“Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis. Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita, tetapi pergantian pemimpin tiak boleh membelokan keberlanjutan-keberlanjutan bangsa Indonsia yang harus terus diolanjutkan dari waktu ke waktu,” imbuh dia.(BG/NAS)


TRENDINGMore