HUKUMNASIONALNEWS

KPK Amankan Bukti Uang Pecahan Rupiah dari OTT Walikota Bandung

Sabtu, 15 April 2023, 12:31 WIB
Last Updated 2023-04-15T05:31:58Z
Ketua KPK Firli Bahuri menyebut kegiatan OTT yang menjaring Walkot Bandung Yana Mulyana soal dugaan suap Bandung Smart City menjadi bukti bahwa KPK masih ada.




JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK menangkap Walikota Bandung bersama 8 orang lainnya yang diduga terlibat suap di Dinas Perhubungan Kota Bandung.


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjaring Wali Kota Bandung Yana Mulyana terkait dugaan suap program Bandung Smart City.


“Betul terkait program Bandung Smart City,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Sabtu (15/4).


Ali mengatakan Yana diduga menerima suap atas pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet di program tersebut. Selain Yana, KPK juga menangkap delapan orang lainnya yang diketahui beberapa di antaranya merupakan pejabat Dinas Perhubungan Kota Bandung.


Dalam OTT tersebut, KPK juga mengamankan bukti uang. “Uang dalam pecahan rupiah,” ungkap Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.



Hanya saja belum ada informasi berapa jumlah uang yang diamankan KPK saat menciduk Walikota Bandung dan pejabat lainnya. 


Saat ini Yana dan beberapa orang yang ditangkap sudah dibawa Ke Jakarta untuk pemeriksaan di Gedung Merah putih, Jakarta.


“Kami segera lakukan permintaan keterangan lebih dahulu kepada para pihak yang ditangkap,” katanya.


“Berikutnya segera menentukan sikap 1x 24 jam setelah penangkapan tersebut.”


Kegiatan OTT KPK berlangsung dari Jumat (14/4) siang hingga malam. 


Di Pilkada Bandung 2018, Yana yang berasal dari Partai Gerindra maju sebagai wakil walikota berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Namun Oded meninggal dunia pada 10 Desember 2021 karena serangan jantung, sehingga posisinya sebagai Walikota digantikan oleh Yana.


Yana seharusnya menjabat hingga akhir 2023 ini.(BG/NAS)

TRENDINGMore