DAERAHNEWSSUMUT

PT PLN Terangi Tiga Desa Terpencil Di Nias

Kamis, 13 April 2023, 12:34 WIB
Last Updated 2023-04-13T05:34:58Z
Masyarakat desa terpencil di Kecamatan Susua, Kabupaten Nias, foto bersama pihak PLN pada pelaksanaan penyalaan listrik setelah mendapatkan penerangan listrik dari PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara.


MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Sebanyak tiga desa yang tersebar di Kecamatan Susua, Kabupaten Nias, mendapatkan penerangan listrik dari PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara. Desa yang dialiri ini diantaranya Desa Hilizamorugo, Desa Hilidanayao dan Desa Sifalago.


Kehadiran listrik di desa terpencil yang masuk dalam daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) ini membantu masyarakat dalam menikmati berbagai kemudahan dalam membangun ekonomi keluarga.


Pelaksanaan energized (penyalaan) listrik desa tersebut dipimpin langsung Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ramses Hutajulu didampingi Bupati Nias Selatan Hilarius Duha beserta tokoh masyarakat dan pemuka agama.


Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias, Ramses Hutajulu mengatakan, PLN terus berkomitmen untuk melistriki negeri. Untuk itu, PLN perlu bersinergi dengan pemerintah daerah untuk secara aktif berkoordinasi dengan PLN demi mewujudkan Kepulauan Nias terang.


“Pada bulan Ramadan 1444H, PLN berhasil menerangi tiga desa dengan total pelanggan sebanyak 254 Kepala Keluarga. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan kolaborasi yang baik dengan pemerintah daerah. Tiga desa ini merupakan desa yang masuk dalam daerah 3T,” ujar Ramses.


Guna menghadirkan listrik di tiga desa tersebut. PLN berhasil membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 13 Kilo Meter Sirkuit (KMS), jaringan tegangan rendah sepanjang 12 Kilo Meter Sirkuit (KMS), gardu distribusi sebanyak 3 unit dengan kapasitas 50 Kilo Volt Ampere (kVA) dan 100 Kilo Volt Ampere (kVA).


Dia juga menjelaskan, dalam proses pembangunan listrik desa mendapatkan beberapa tantangan seperti sulitnya akses jalan hingga melewati tiga sungai. Namun tantangan tersebut dapat dilalui oleh petugas PLN berkat bantuan dari masyarakat. Masyarakat secara bahu membahu membantu petugas PLN untuk memobilisasi material.


Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha SH, MH mengungkapkan rasa terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan listrik di tiga desa ini. Semoga kedepannya seluruh desa yang ada di Kabupaten Nias dapat menikmati layanan listrik dari PLN.


“Terima kasih kepada PLN karena telah melistriki tiga desa kami, akhirnya masyarakat di desa ini dapat menikmati listrik dari PLN,” jelas Hilarius.


Di tempat terpisah, General Manager PLN UID, Awaluddin Hafid menyampaikan apresiasi atas capaian ini dan berterima kasih pada seluruh pemangku kepentingan yang turut mendukung program listrik desa ini. Harapannya dengan hadirnya listrik PLN di tiga desa ini akan memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


“PLN akan terus konsisten dalam pembangunan infrastruktur kelistrikan dan melayani kebutuhan masyarakat terhadap listrik sebagai penopang roda perekonomian masyarakat mulai dari perkotaan hingga ke pelosok desas,” tutup Awaluddin.(BG/REL)

TRENDINGMore