DAERAHNEWSSUMUT

Bandara Kuala Namu Siap Layani Jamaah Haji 2023

Selasa, 16 Mei 2023, 16:46 WIB
Last Updated 2023-05-16T09:46:07Z

 

Rapat kordinasi kesiapan pelaksanaan haji 2023 di KNIA.

DELISERDANG-BERITAGAMBAR : 

Kuala Namu Internasional Airport (KNIA) Deliserdang Sumatera Utara siap menyambut dan mensukseskan pelaksanaan haji 1444 H/2023.


Apalagi, misi Kuala Namu tahun ini memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penumpang khususnya bagi jamaah haji melalui KNIA. “Jadi hari ini kita sudah memfinalkan rencana operasi untuk mensukseskan angkutan haji 2023 di KNIA Di mana untuk tahun ini kita kebagian 24 Kloter haji dari Provinsi Sumatera Utara,”kata Direktur Operasional PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kuala Namu Heriyanto Wibowo usai rapat persiapan angkutan haji 2023 bersama stakeholder Bandara Kuala Namu di ruang rapat kedatangan domestik, Selasa (16/5).


Kata dia, selain mendapat 24 kloter di Sumut, juga dari luar Sumut ada tambahan sebanyak 337 teknikal landing pesawat di KNIA. “Tentunya dengan hal ini sebagai pengelola bandara perlu konsen khusus sehingga diperlukan koordinasi yang intens bagi seluruh stakeholder yang ada di Kuala Namu untuk mensukseskan kegiatan haji ini,” jelasnya.


Sementara tujuan dengan digelar rapat ini diharapkan muncul kesiapan dari masing-masing unit, terkait peran dan fungsi sehingga apa yang dibutuhkan masing-masing stakeholder ini dapat disepakati dan ditemukan solusinya.

“Mudah -mudahan ini dapat berjalan dengan baik sampai selesai angkutan haji berjalan dengan lancar.


Disoal perbandingan pelaksanaan haji sebelumnya di KNIA, Heriyanto mengaku untuk tahun ini pihaknya lebih fokus di jumlah frekuensi yang lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya, dan tentu ini dibutuhkan kinerja dan kordinasi lebih giat di seluruh sektor dan fungsi sehingga masing-masing memberikan pelayanan yang terbaik.


Intinya,pelayanan haji di Kuala Namu ada dua. Pertama pelayanan haji Embarkasi Medan Sumatera Utara,24 kloter, kemudian pelayanan teknikal landing penerbangan haji dari embarkasi lain yang akan mengisi bahan bakar di KNIA sebanyak 337 penerbangan. Ada dari Embarkasi Solo, Jakarta, Batam, Surabaya, dan Makkasar. Padahal tahun sebelumnya hanya dari Solo.


Oleh karena itu, pihaknya sangat yakin dengan persiapan ini dan siap menyambut para jamaah haji dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk mensukseskan kelancaran angkutan haji 2023.


Kepala Bidang (Kabid) Keamanan Angkutan Udara dan Kelaikudaraan Otoritas Bandara Wilayah II Medan Sarmanto pada kesempatan itu juga menekankan para petugas lebih meningkatkan keamanan.


Untuk orang yang tidak memilik identitas (pas) yang dikeluarkan oleh Otban wilayah II Medan tidak perkenankan masuk di area terminal kargo tempat keberangkatan haji.


Begitu juga kedatangan kendaraan haji diatur dengan baik, juga dengan kendaraan lainnya, parkirnya teratur sesuai dengan SOP yang sudah disiapkan. Intinya kita harus bekerja sama untuk kelancaran dan kenyamanan bagi jamaah haji sehingga pelaksanaan haji 2023 berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan.


Hadir rapat itu Manager Service PT AVI Ermansyah Saragih, Koordinator KKP Kualanamu dr Ninyoman Rina Ayu Puji Astuti, mewakili Polsek Kawasan Bandara Kuala Namu, perwakilan Imigrasi, Bea Cukai, maskapai serta seluruh stakeholder yang ada di KNIA.(BG/DS)

TRENDINGMore