DAERAHNEWSSUMUT

SMAN 1 Angkola Bekali Siswa Dengan Ilmu Jurnalistik

Selasa, 16 Mei 2023, 16:42 WIB
Last Updated 2023-05-16T09:42:46Z

 

Kepala SMAN 1 Angkola Barat Salamat Siregar, saat membuka peningkatan kompetensi siswa dengan agenda pelatihan jurnalistik sekolah, Selasa (16/5). 


TAPSEL-BERITAGAMBAR : 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa dan lulusan, SMA Negeri 1 Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan bekali siswa dengan ilmu jurnalistik melalui kegiatan Ruang Life Skill Siswa (RuLiSS), Selasa (16/5).


Penguatan kemampuan dan kompetensi siswa dalam melahirkan karya berbagai karya jurnalistik sekolah yang dibuka Kepala SMA Negeri 1 Angkola Barat Salamat Siregar SPd, MPd, menghadirkan Wartawan Waspada Mohot Lubis S.Sos sebagai narasumber.


Ketua Panitia Peningkatan Kompetensi Siswa SMAN 1 Angkola Barat, Paralihan MPd mengatakan, pelatihan jurnalistik pertama di sekolah itu diikuti 32 siswa yang memiliki bakat dan minat untuk melahirkan karya jurnalistik sekolah.


Kepala SMA Negeri 1 Angkola Barat Salamat Siregar SPd, MPd dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan pelatihan jurnalistik tersebut, selain untuk memberikan penguatan kompetensi siswa dalam memahami ilmu jurnalistik, juga untuk mendorong siswa agar lebih giat membaca dan menulis.


“Menulis dan membaca merupakan dua paket yang tidak bisa dipisahkan. Di mana orang yang rajin menulis, pasti rajin membaca dan orang yang rajin membaca pasti lebih luas wawasannya. Maka pelatihan jurnalistik ini sangat penting bagi penguatan kompetensi siswa,” tuturnya.



Dalam melahirkan sebuah karya tulis, ungkapnya yang terpenting adalah kemauan karena sehebat apapun kemampuan seseorang, jika tidak ada kemauan, maka tidak akan membuahkan hasil. “Jadi saya berharap peserta pelatihan agar melahirkan karya jurnalistik,” harapnya.


Karya jurnalistik dari siswa, terutama yang terkait dengan sekolah, lanjut Salamat Siregar akan ditampilkan pada majalah dinding (mading) dan website SMAN 1 Angkola Barat.


Menurutnya, SMAN 1 Angkola Barat yang terletak di Km 15 Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan dan memiliki 500 siswa terus berbenah, termasuk memberikan ruang pada siswa untuk mengasah skill yang dimiliki, baik akademik maupun non akademik.(BG/TT)

TRENDINGMore