NEWSSUMUT

Hadiri Halal Bihalal Marga Nasution dan Lubis, Wagubsu: Gelorakan Marsipature Hutanabe

Minggu, 21 Mei 2023, 20:47 WIB
Last Updated 2023-05-21T13:47:58Z
Wagub Sumut, Musa Rajekshah menghadiri Halal Bihalal Ikanas dan Hima Lubis di Hotel Grand Boutique Jakarta.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :


Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah mengingatkan seluruh Marga Nasution dan Lubis menggelorakan kembali konsep Marsipature Hutanabe agar ingat kembali dan bangun kampung halaman di Mandailing Natal (Madina) dan Tapanuli Selatan (Tapsel).


Hal ini disampaikannya saat menghadiri Halalbihalal Ikatan Keluarga Nasution (Ikanas) dan Himpunan Marga Lubis (Hima Lubis) di Jakarta, Minggu (21/5).


“Dahulu saya ingat pada saat Gubernurnya Pak Raja Inal Siregar mempunyai moto Marsipature Hutanabe agar ingat membangun kampung halaman, sudah sukses di luar ingatlah pulang dan bangun kampung halaman, dan inilah kalau saya lihat perlulah kita gelorakan lagi sambil mengingatkan anak-anak kita,” ujar Wagub melalui siaran persnya.


Pria yang akrab disapa Ijeck ini meyakini keluarga besar Ikanas dan Hima Lubis lebih peduli dan paham bagaimana cara menjadikan anak keturunannya tidak melupakan budaya atau silsilah keluarga.


Menurutnya, kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan di tengah dinamika perkembangan dunia.



“Saya yakin dan percaya orang tua kami semua di sini selalu mengajarkan anak-anaknya bagaimana adat Mandailing, bagaimana agar tak lupa bertarombo dengan keluarganya,” harap Ijeck sembari mengatakan tahun 2018, ia telah ditabalkan marga Lubis dan istrinya marga Pulungan oleh tokoh masyarakat dan pemangku adat Mandailing.


Ijeck mengakui Marga Nasution dan Lubis jumlahnya cukup besar, tapi jumlah yang besar ini tidak akan bisa menciptakan hal besar bila tidak dibarengi dengan kekompakan dan kebersamaan.


“Tanpa kebersamaan, tanpa kekompakan, tidak bisa kita melakukan hal besar. Sumatera Utara khususnya Madina dan Tapsel punya banyak potensi sumber daya alam yang luar bisa. Ini patut kita banggakan dan ikut kita memajukannya,” ucap Ijeck.


Sementara itu, Ketua DPP Ikanas, Saipullah Nasution dan Ketua Umum DPP Hima Lubis Fajaruddin Lubis kompak ingin terus melakukan kegiatan serupa di kemudian hari sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi.


“Seperti tema kegiatan kita pada hari ini Persadaan Nasution Dohot Lubis, Songon Langkitang di Batang Aek, Bope Inda Marsitandaan Tai Marsihaholongan artinya adalah memang wilayah marga Lubis itu ada di Mandailing Julu sedangkan Nasution ada di Mandailing Godang, tetapi kita adalah satu keluarga. Kami sangat bersyukur karena hari ini bisa berkegiatan bersama Hima Lubis,” tandasnya.(BG/BAS)

TRENDINGMore