NEWSSUMUT

Ini Alasan Dugaan Korupsi Kepala Badan Pendapatan Deli Serdang Gugur

Jumat, 19 Mei 2023, 18:13 WIB
Last Updated 2023-05-19T11:13:27Z
Kedua terduga korupsi PBB Edi Zakwan dan Victor Maruli saat akan dijebloskan ke Lapas Lubuk Pakam.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Dugaan korupsi Penerimaan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah serta Bangunan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten (Bapenda) Deli Serdang yang menyeret Kepala Bapenda, Agus Mulyono dinyatakan gugur.


Menurut keterangan Kasi Intel Kejari Deli Serdang, Boy Amali kepada wartawan via seluler, Jumat (19/5), Agus Mulyono sudah meninggal dunia beberapa bulan lalu. Sehingga dengan demikian kasus dugaan korupsi yang menjeratnya dinyatakan gugur. Meninggalnya Agus Mulyono dikarenakan covid di tahun 2022 silam.


“Begitu juga soal harta benda miliknya yang diduga diperoleh dari dugaan korupsi tersebut tidak bisa disita negara,” jelas Boy Amali.


Sementara kedua anak buah almarhum Agus Mulyono di Bapenda, yakni Edi Zakwan Kabid PBB dan Victor Maruli telah ditahan Kejaksaan Negeri Deli Serdang di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Pakam selama 20 hari terhitung mulai 11 hingga 30 Mei 2023.


Diberitakan sebelumnya, ketiga terduga korupsi bekerja sama dengan objek pajak PT Al Ichwan Garment Factory Tahun 2020 sehingga merugikan negara sebesar Rp 1.955.939.250.


Sedangkan tersangka lainnya Ngarijan Salim pemilik PT Al Ichwan Garment Factory telah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan sudah dilakukan pencekalan.


Dugaan korupsi dari objek pajak PT Al Ichwan Garment Factory dengan cara mengurangi luas bangunan PT Al Ichwan Garment Factory sebelum dilakukan jual beli antara Ngarijan Salim selaku penjual (pemilik) dengan Phoenix sebagai pembeli.(BG/DS)

TRENDINGMore