DAERAHNEWSPOLITIK

Jelang Pilkades Serentak, Polres Taput Siapkan Strategi Pengamanan

Rabu, 10 Mei 2023, 18:46 WIB
Last Updated 2023-05-10T11:46:45Z
Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi .


TAPUT -BERITAGAMBAR :

Dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Polres Taput siapkan strategi pengamanan yang matang agar nantinya saat pelaksanaan bisa berjalan dengan sukses dan damai.


Hal tersebut diungkapkan Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi melalui Kabag Ops Kompol Kondar Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (10/5).


Kondar menyebut, Sebanyak 42 dari 141 desa di Kabupaten Tapanuli Utara akan menggelar pemilihan Kepala Desa secara serentak pada tanggal 15 juni 2023 mendatang. Untuk memastikan berlangsungnya Pilkades nantinya, Polres sudah mempersiapkan strategi dan pola pengamanan.



“Menurut data sementara yang kita peroleh, di 42 Desa tersebut ada 115 calon Kepala Desa serta 96 TPS. Untuk mengisi ke 96 TPS itu, personel disiapkan untuk pengamanan sebanyak 200 personel dengan pola yang berbeda,” terang Kondar.


Ada 3 pola yang diterapkan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi dilapangan. ketiga pola itu yakni, pola aman, sedang dan rawan situasi kamtibmas dan letak geografis.


Untuk pola aman per TPS di tempatkan 2 personel, pola sedang 3 personel dan pola rawan 4 personel. Hal ini untuk memastikan pelaksanaan nantinya berlangsung aman dan kondusif.



“Kita berharap, saat pelaksanaan pilkades nantinya semua pihak turut berperan untuk saling mendukung. Jangan sampai terjadinya gangguan keamanan di antara pendukung calon Kepala Desa yang berbeda pilihan. Kita berpesan pilihan boleh beda tetapi kedamaian dan kekeluargaan tetap kita pelihara,” tandasnya.(BG/TU)

 

TRENDINGMore