DAERAHEKONOMINEWSSUMUT

Lima Kali Berturut-turut, Deliserdang Raih Opini WTP Atas LKPD TA 2022

Sabtu, 06 Mei 2023, 09:52 WIB
Last Updated 2023-05-06T02:52:24Z
Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Deliserdang Tahun Anggaran 2022 kepada Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan.


MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Untuk kelima kalinya sejak tahun 2018, Kabupaten Deliserdang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2022.


Opini WTP Tahun Anggaran 2022 tersebut diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan, SE, MM, Ak, CA, CSFA, kepada Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Jl. Imam Bonjol, Medan, Jumat (5/5).


“Hari ini, Badan Pemeriksa Keuangan telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Ini menunjukkan laporan keuangan yang disajikan Pemerintah Kabupaten Deliserdang telah memenuhi standar akuntansi dan tidak ditemukan kesalahan pengungkapan yang signifikan atau material,” kata Bupati usai menerima LHP LKPD Kabupaten Deliserdang TA 2022 dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.


Bupati memberi apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras Tim Auditor BPK dalam melakukan pemeriksaan yang teliti dan profesional dalam pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Deliserdang.


“Pemerintah Kabupaten Deliserdang terus berupaya melakukan perbaikan dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan yang telah kami terima,”tegas bupati.


Menurut bupati, opini Wajar Tanpa Pengecualian tersebut menunjukkan Pemkab Deliserdang telah mampu melakukan pengelolaan keuangan secara baik dan transparan, serta menjadi tanggungjawab pemerintah daerah untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan keuangan publik yang baik dan benar.


Keberhasilan dalam mendapatkan predikat WTP merupakan pencapaian yang besar bagi semua jajaran Pemkab Deliserdang. Namun, prestasi tersebut bukanlah akhir dari perjuangan dalam memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan keuangan publik di Kabupaten Deliserdang.


“Saya berharap, opini Wajar Tanpa Pengecualian ini dapat memicu semangat kita untuk terus meningkatkan kinerja dalam mencapai visi Kabupaten Deliserdang yakni Deliserdang yang maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,”harap bupati.


Hal sama juga dikatakan Wakil Ketua DPRD Deliserdang Nusantara Tarigan Silangit yang menyebutkan raihan opini WTP dari BPK merupakan prestasi sangat membanggakan dan memiliki arti, penilaian dari BPK bahwa laporan keuangan berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, penyelenggaraan pemerintahan dianggap telah sesuai prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya.


“Kalaupun ada kesalahan, maka kesalahan tersebut tidak dianggap signifikan terhadap pengambilan keputusan. Sebagai tindaklanjut dari hasil pemeriksaan ini, kami akan mempelajari dan mencermati secara seksama dan penuh rasa tanggungjawab,” ucap Nusantara Tarigan Silangit.(BG/DS)

TRENDINGMore