DAERAHNEWSSUMUT

Pembangunan Gedung Merdeka P. Siantar Sudah Dimulai

Kamis, 25 Mei 2023, 13:23 WIB
Last Updated 2023-05-25T06:23:47Z


Wali Kota Susanti Dewayani (tiga kiri) memastikan pembangunan Gedung Merdeka Kota Pematangsiantar akan mulai saat meninjau lokasi pembangunan gedung bersama sejumlah pejabat Pemko di lokasi bekas GOR, Jl. Merdeka.


P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Wali Kota memastikan pembangunan Gedung Merdeka, Jl. Merdeka, Kota Pematangsiantar yang sempat mangkrak sejak peletakan batu pertama Rabu 31 Agustus 2022, sudah dimulai.


“Kepastian itu berdasarkan surat Dirut PT Suriatama Mahkota Kencana (SMK) No. 004/SZGRPstr-SZG/V/2023 tanggal 12 Mei 2023,” sebut Wali Kota Susanti Dewayani saat bersama sejumlah pimpinan OPD Pemko meninjau lokasi pembangunan Gedung Merdeka, Rabu (24/5).



Surat itu tentang telah mulainya pelaksanaan perjanjian pembangunan Gedung Merdeka sesuai perjanjian kerjasama antara Pemko dengan PT SMK (Suzuya Group) tentang optimalisasi tanah Gedung Olahraga (GOR) Pematangsiantar dengan pola pemanfaatan Bangun Guna Serah (BGS).


Wali Kota menyampaikan harapannya agar pihak SMK bisa melaksanakan pembangunan sesuai komitmen yang telah sepakat bersama, terutama memprioritaskan lantai lima gedung yang merupakan GOR.


“Apalagi, GOR itu rencananya menjadi salah satu venue untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) November 2024 dengan tuan rumah Provsu dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD),” imbuh Wali Kota.


Menurut Wali Kota, itu merupakan momen yang sangat penting dan saat itu hadir pihak PT SMK dan juga OPD Pemko serta Pematangsiantar menjadi salah satu venue PON 2024 untuk cabang olahraga indoor.


“Hingga sangat berharap lantai lima Gedung Merdeka bisa selesai tepat waktu. Jika ada kebutuhan pihak PT SMK agar menyampaikan kepada Pemko,” tegas Wali Kota.


Pemko, lanjut Wali Kota, meminta PT SMK bisa memenuhi harapan masyarakat agar Pematangsiantar benar-benar bisa menjadi venue dalam pelaksanaan PON 2024. “Lantai lima Gedung Merdeka harus memiliki sarana dan prasarana seperti toilet, kamar ganti dan musala.”


Sementara, Project Manager Suzuya Group (SG) Karim dan HR Manager SG Lisa senada menyampaikan pembangunan Gedung Merdeka telah mulai dan memohon dukungan serta doa dari seluruh masyarakat Pematangsiantar agar proses pembangunan bisa berjalan aman dan lancar serta selesai tepat waktu.


“Kami akan laksanakan secara maksimal apa yang telah menjadi komitmen. Kita semua bersatu untuk memberikan yang terbaik,” imbuh Karim.


Humas Suzuya Sukoso dan Asm Manager Build Suzuya Pematangsiantar Tommy Siburian senada menambahkan sejak penandatanganan MoU dengan Pemko, pihaknya terus berkomitmen dan berupaya semaksimal mungkin.


“Ini berkat kerja keras Wali Kota terus mendukung kami. Semoga bisa selesai tepat waktu dan memberikan yang terbaik,” lanjut Sukoso.


Sedang Ketua KONI Jayadi Sagala menyatakan kehadiran Wali Kota di lokasi pembangunan Gedung Merdeka sekaligus menepis tudingan yang menyebutkan Wali Kota tidak peduli dengan rakyat.


“Ini buktinya Wali Kota sangat peduli olahraga dan ingin Pematangsiantar sukses menjadi salah satu venue PON 2024. Mari Kita dukung,” ajak Jayadi.


Tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako yang juga Plt Kadis PUTR Junaedi A Sitanggang, kepala Inspektorat Herry Okstarizal, Kadis Lingkungan Hidup Dedi T Setiawan, Plt Kepala BPKAD yang juga Kabag Umum Setdako Arri S Sembiring, mewakili Kadis Pariwisata Yusuf Gultom, Plt Kadis Kominfo Johannes Sihombing, Kepala Satpol PP Pariaman Silaen, Plt Kadis Perhubungan Julham Situmorang, Kabag Tata Pemerintahan Setdako Robert Sitanggang, Camat Siantar Timur Masa Rahmat Zebua dan lainnya.(BG/PS)


TRENDINGMore