MEDANNEWSSUMUT

Pemprov Sumut Gelar Pekan Keselamatan, 70,53 Lakalantas di Sumut Libatkan Sepmor

Kamis, 04 Mei 2023, 10:26 WIB
Last Updated 2023-05-04T03:26:02Z
Kecelakaan lalu lintas di Sumatera Utara sebanyak 70,53 persen melibatkan sepedamotor dengan rata-rata 4-5 orang meninggal per harinya. Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perhubungan menggelar kegiatan Pekan Keselamatan Jalan.


MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Kecelakaan lalu lintas di Sumatera Utara sebanyak 70,53 persen melibatkan sepedamotor dengan rata-rata 4-5 orang meninggal per harinya. Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perhubungan menggelar kegiatan Pekan Keselamatan Jalan, di Hotel Santika Medan, Rabu 3 Mei 2023.


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provsu. Ir. Arief S. Trinugroho. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadirlantas Polda Sumut, Kepala BPTD Wilayah II Sumut dan Perwakilan dari Dishub Kota Medan.


Kepala Dinas Perhubungan Provsu, Dr. Agustinus Panjaitan, S.SiT, MT menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Sumut.


Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada Tahun 2022 angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas di indonesia rata-rata per tahun mencapai 28 ribu jiwa (setara 3-4 orang meninggal per jam).


Sedangkan untuk Provinsi Sumut total jumlah kecelakaan sebanyak 11.159 kasus, dimana 7.871 atau 70,53% kasus diantaranya melibatkan sepeda motor, dengan jumlah korban meninggal dunia 1.607 (setara 4-5 orang meninggal per hari), dengan total kerugian mencapai Rp17,3 miliar.


“Kondisi inilah yang melatarbelakangi kegiatan Pekan Keselamatan Jalan ini, dengan harapan tercipta budaya tertib berlalu lintas,” imbuhnya.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh 400 pengemudi ojek online (OJOL) dari 2 perusahaan aplikator transportasi online yakni Grab dan Gojek, dengan narasumber berasal dari Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara dan perwakilan dari Management Grab dan Gojek.


Dalam kesempatan tersebut Dinas Perhubungan Provsu juga menyerahkan Helm standar kepada 400 pengemudi OJOL peserta sosialisasi.


Kegiatan Pekan Keselamatan Jalan ini nantinya juga akan dilakukan secara berkala di tingkat Kabupaten/Kota melalui UPTD Dinas Perhubungan Provsu dan pemangku kepentingan terkait yakni unsur Satlantas Polres setempat, Dinas Perhubungan Kab/Kota dan PT. Jasa Raharja, dengan target peserta siswa sekolah SMA dan yang sederajat.


“Keselamatan jalan adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya Pemerintah, untuk itu semua pihak harus berkomitmen mendukung langkah pencegahan kecelakaan lalu lintas, salah satunya melalui budaya tertib berlalu lintas di jalan,” tambah Agustinus Panjaitan, menutup penjelasannya.(BG/MED)

TRENDINGMore