DAERAHNEWSSUMUT

Terkesan Pemborosan Anggaran, Masyarakat Kritik Coaching Clinic SAKIP Pemkab Labura di Jakarta

Sabtu, 27 Mei 2023, 08:18 WIB
Last Updated 2023-05-27T01:22:20Z
Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, membuka Coaching Clinic peningkatan kualitas SAKIP di Jakarta.


LABURA-BERITAGAMBAR :

Seorang Pegiat Lembaga Sosial Masyarakat, Gregorius Agung, mengkritisi sikap Pemkab Labuhanbatu Utara  (Labura) yang mengalihkan pelaksanaan Coaching Clinic di Hotel Ibis Style, Jakarta, Kamis-Jumat (25-26/5)


Dia menilai, apa yang dilakukan Pemkab Labura sangat ironis, dimana didaerah itu banyak jalan rusak, masyarakat kurang mampu yang tidak tersentuh penanganan karena minim anggaran.


“Aneh di tengah minimnya anggaran, Pemkab Labura malah diduga menghambur-hamburkan uang rakyat dengan mengalihkan Coaching Clinic ke Ibukota DKI Jakarta, yang dimana pesertanya adalah Pejabat dari Labura.


Ini jelas sangat bertentangan dengan asas efisiensi dan tidak mencerminkan sense of crisis,” kata seorang warga Gregorius Agung,  Sabtu (27/5) di Aek Kanopan.



“Padahal dikantor Bupati Labura  sendiri sudah ada ruangan khusus sebagai tempat pelaksanaan rapat. Ini kan jelas pemborosan anggaran yang berpotensi merugikan keuangan daerah,” tuding Gregorius 


Penkab Labura dibawah komando Hendriyanto Sitorus-Samsul Tanjung, memperlihatkan sikap tidak terpuji yang tidak patut diteladani.


Andaikan Narasumber dari Jakarta diundang ke Labura, biayanya lebih hemat (beban APBD berkurang) karena jumlahnya tidak sebanding dengan pengeluaran perjalanan dinas rombongan Pemkab Labura ke Jakarta.


Kami masyarakat Labura, memohon kiranya Bupati Labura  dapat menghentikan kegiatan rapat koordinasi sesama Pejabat Labura di luar daerah, dan mengoptimalkan daerah kita ini,"ujarnya.




Sebelumnya Bupati Labura Membuka Coaching Clinic Peningkatan Kualitas SAKIP 


Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melaksanakan kegiatan Coaching Clinic di Hotel Ibis Style, Jakarta, Kamis (25/5).


Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 25-26 Mei 2023, dan dibuka langsung oleh Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus,  dalam sambutannya Bupati menyampaikan untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah, Kementerian PANRB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah.



“Perlunya peningkatan hasil evaluasi Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (AKIP), melalui acara coaching clinic ini agar dapat meningkatkan hasil evaluasi Kabupaten Labuhanbatu Utara dan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Labura dapat berdiskusi dan belajar langsung dengan para pakar dari kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” Ujar Bupati.


Bupati berharap agar kehadiran peserta coaching clinic ini dapat membawa manfaat bagi peningkatan implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, dan manfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya, tanyakan berbagai pertanyaan, dan laksanakan diskusi secara aktif.


Turut hadir Wakil Bupati Labuhanbatu Utara H. Samsul Tanjung, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Utara H. Muhammad Suib, Asisten Administrasi Umum  Hj. Susi Asmarani, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan I Bagian Organisasi Akhmad Hasmy, Analis Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan KEMENPANRB Adi Anggriawan, Para Kepala Dinas dan Kepala Badan, Sekretaris, Kasubbag Program se-Labuhanbatu Utara.(BG/LBU)

TRENDINGMore