NEWSOLAHRAGA

Timnas U-22 Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023

Rabu, 17 Mei 2023, 07:25 WIB
Last Updated 2023-05-17T00:25:49Z

 

Timnas U-22 Indonesia Raih Medali Emas SEA Games Kamboja TA 2023 setelah mengalahkan Tim Thailand dengan skor 5-2.

JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Penantian panjang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 dalam SEA Games akhirnya berakhir juga. Skuad merah putih akhirnya keluar sebagai juara dan memperoleh medali emas setelah mengganyang Timnas Thailand dengan skor fantastis 5-2.


Indonesia mencatatkan kemenangan fantastis dengan pertandingan yang sangat panas dan melelahkan karena di banjiri kartu merah dan harus melakoni pertandingan hingga 2 kali babak tambahan.


Kemenangan Timnas Indonesia diawali pada menit ke-21. Umpan jauh Alfeandra Dewangga, jatuh ke kepala Ramadhan Sananta dan sundulanya mengenai bek Thailand sehingga bola masuk ke gawang lawan.


Ketinggalan 0-1, Thailand meningkatkan serangan pada menit-menit akhir babak pertama, namun pemain bertahan Indonesia dengan tenang menggagalkan setiap serangan yang datang.


Keunggulan Indonesia bertambah menjadi 2-0 pada injury time. Umpan jauh dari Rizky Ridho dimanfaatkan Ramadhan Sanata dengan tembakan spekulatif yang membuat bola melambung tinggi dan memantul ke gawang Thailand.


Thailand berhasil memperkecil kekalahan menjadi 1-2 pada menit ke-65. Gol Thailand berasal dari tendangan penjuru yang berhasil disambar Anan Yongsangwal dengan tandukannya dan bola masuk ke gawang Indonesia.



Gol ini membuat Indonesia mulai memberikan perlawanan. Garuda Nusantara mulai memberikan tekanan bagi Thailand.


Awal dari pertandingan panas dan melelahkan terjadi di detik-detik akhir injury time babak kedua, timnas Thailand berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas yang dieksekusi Yotsakon Burapham dan menaklukkan Ernando. Skor imbang 2-2 memaksa kedua tim melakoni dua babak tambahan ekstra untuk mencari siapa yang menjadi juara.


Di awal babak tambahan pertama, Indonesia kembali unggul lewat serangan balik Irfan Jauhari yang melepaskan tendangan chip ke gawang Thailand dan papan skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan sementara Indonesia.


Buntut dari gol tersebut, suasan tiba-tiba memanas di dekat bangku pemain cadangan Indonesia. Aksi saling jual beli pukulan tak terelakkan yang memaksa aparat keamanan harus melerai kedua pihak. Wasit memberi ganjaran kartu merah kepada Rakyart, Komang, dua staff pelatih Thailand dan manajer timnas Indonesia, Sumardji.


Setelah pertandingan dimulai kembali, Thailand harus bermain dengan sembilan pemain setelah Jonathan Khemdee mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran kepada Ilham Rio Fahmi. Skor 3-2 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama tambahan berakhir.


Baru dua menit berjalan babak tambahan kedua, Indonesia kembali unggul dengan skor 4-2 berkat tendangan keras Fajar yang mendapat umpan dari Ilham Fahmi.


Lagi-lagi Timnas Thailand dihadiahkan kartu merah dan harus bermain dengan delapan pemain. Pasalnya Anan Yongsawal mendapatkan kartu kuning kedua.


Satu menit sebelum akhir dari pertandingan melelahkan tersebut, Timnas Indonesia memastikan kemenangan untuk memperoleh medali emas melalui kaki Beckham Putra. Skor berubah menjadi 5-2 dan Indonesia menjadi pemenang laga ini.


Kemengan ini merupakan penantian panjang selama 32 tahun dimana Indonesia terakhir menjuarai cabor sepakbola SEA Games pada tahun 1991. Ini juga menjadi medali emas ketiga Indonesia di sepak bola SEA Games setelah tahun 1987 dan 1991. Bravo Indonesia! (NET)


TRENDINGMore