DAERAHNEWSSUMUT

Wabup Oky Iqbal Frima mengajukan 3 Nota Ranperda ke DPRD Batubara

Senin, 08 Mei 2023, 21:12 WIB
Last Updated 2023-05-08T14:12:04Z
Wabup Oky Iqbal Frima mengajukan 3 Nota Ranperda ke DPRD Batubara.


BATUBARA-BERITAGAMBAR :

Pemkab Batubara melalui Wakil Bupati Oky Iqbal Frima mengajukan 3 Nota Ranperda pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Batu Bara Safii, Senin (8/5/23).


Diungkapkan Wabup, ketiga Ranperda tersebut adalah Ranperda perubahan atas Perda Kabupaten Batubara No. 3 tahun 2020 tentang penambahan penyertaan modal kepada PT Pembangunan Batra Berjaya, Ranperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak dan Ranperda perubahan ke empat atas Peraturan Daerah Kabupaten Batubara No. 7 tahun 2016 tentang pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Batubara.


“Terkait Ranperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Batubara Nomor 3 tahun 2020 tentang penambahan penyertaan modal kepada PT Pembangunan Batra Berjaya diajukan dalam rangka pengembangan usaha dan penguatan struktur permodalan PT Pembangunan Batra Berjaya,” kata Wabup Oky.


Sedangkan Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, dijelaskan wabup, diajukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi anak dalam berbagai bidang kehidupan guna meningkatkan perlindungan terhadap anak tanpa perlakuan diskriminatif.


Sementara guna mengoptimalkan fungsi birokrasi yang tepat guna dan tepat ukuran berdasarkan beban kerja dan dinamika perkembangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Wabup Oky menyebutkan dasar diajukannya Ranperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Batubara Nomor 7 tahun 2016 tentang pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Batubara.


Dari paparan Wabup Oky, diketahui ada beberapa dinas yang dipecah, dibentuk baru, ada pula yang ditambah dan adapula yang bidangnya ditambah dan dikurangi.


Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup dipecah menjadi 2 dinas tersendiri. Keduanya adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan.


Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menjadi Dinas Kesehatan. Demikian pula Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjadi Dinas Sosial.


Sedangkan bidang yang dikeluarkan dari kedua dinas diatas menjadi dinas baru dengan nama Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.


Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Dinas Pemuda dan Olahraga. Sementara bidang kebudayaan menjadi dinas baru dengan nama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.(BG/BB)

TRENDINGMore