NEWSSUMUT

Wali Kota Dukung Kegiatan P5 SD Cinta Rakyat 2 Siantar

Sabtu, 06 Mei 2023, 15:50 WIB
Last Updated 2023-05-06T08:50:37Z

 

Wali Kota Susanti Dewayani Dukung Kegiatan P5 SD Cinta Rakyat 2 Siantar.

P. SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menghadiri dan mendukung acara Parade Marching Band dan Penampilan Seni serta Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SD Cinta Rakyat 2, Jalan Sibolga, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan, Sabtu (6/5).


Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dengan tema: Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.


Susanti dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap kreativitas murid-murid SD Cinta Rakyat 2 Kota Pematang Siantar, yang diwujudkan dengan Parade Marching Band, penampilan seni, dan Pameran P5.



“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pengajar dan tenaga kependidikan SD Swasta Cinta Rakyat 2 Pematang Siantar, karena memberikan ruang bagi anak-anak kita untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka,” katanya.


Kreativitas, lanjut Susanti, merupakan salah satu unsur pertumbuhan penting yang harus diasah untuk memaksimalkan potensi generasi muda.


Dengan kreativitas, anak memiliki daya imajinasi yang luas dan cepat tanggap dalam menghadapi masalah, serta lebih mudah menemukan ide-ide baru dan mampu menyelesaikan tantangan dengan caranya sendiri.


Masih kata Susanti, pendidikan mempunyai tugas yang besar dalam membentuk kualitas generasi bangsa. Tidak hanya dari aspek kognitifnya, namun juga dari aspek karakternya.


“Pengembangan kedua aspek tersebut dapat diwujudkan melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5). Kita perlu mengetahui, kita akan mendapatkan bonus demografi yang melimpah di tahun 2045. Artinya anak-anak kita akan menjadi generasi emas yang menjadi para penerus pembangunan bangsa. Sehingga peningkatan potensi dan kualitas karakter sumber daya manusia pemuda Kota Pematang Siantar sangat perlu kita kembangkan sampai titik maksimal,” bebernya.


Susanti mengaku sangat mendukung kegiatan P5 SD Swasta Cinta Rakyat Pematang Siantar, yang diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi informal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar, demi menguatkan berbagai kompetensi mereka dalam Profil Pelajar Pancasila, yang terdiri atas, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebhinnekaan.


“Dengan demikian, kita mampu mewujudkan generasi muda Kota Pematang Siantar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” tandasnya.


Keberhasilan penguatan pendidikan karakter ini, lanjutnya, tentu harus ada kerjasama yang baik antara pemerintah, sekolah, orang tua bahkan masyarakat.


“Saya mengajak SD Cinta Rakyat 2 Kota Pematang Siantar, para guru, dan semua yang hadir di sini untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi dengan Pemko Siantar demi mengembangkan potensi anak-anak kita melalui upaya dan kegiatan positif seperti acara parade marching band, penampilan seni, dan Pameran P5 ini. Dengan demikian, kita mampu mewujudkan Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” tukasnya.


Susanti juga yakin, anak-anak Pematang Siantar adalah anak yang hebat, unggul, juara, dan calon orang-orang sukses yang akan memajukan kesejahteraan Kota Pematang Siantar, dan membawa nama Kota Pematang Siantar hingga tingkat dunia.(BG/PS)


TRENDINGMore