DAERAHNEWSSUMUT

Bupati DS: Inovasi Aspek Penting Pembangunan Berkelanjutan

Jumat, 27 Oktober 2023, 20:50 WIB
Last Updated 2023-10-27T13:50:50Z

 

Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar didampingi Kapus Strategi Kebijakan Pengembangan SDM, Teknologi, Informasi dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri Drs.Aferi Syamsidar Fudail foto bersama pemenang lomba Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deliserdang Tahun 2023.



DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Inovasi merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan dan kunci utama dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik serta mampu mendorong daya saing daerah.


Hal itu ditegaskan Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan dalam sambutan disampaikan Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar pada penganugerahan lomba Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deliserdang Tahun 2023 di Convention Room Wing’s Hotel Kualanamu, Jumat (27/10).


Inovasi dapat menyelesaikan persoalan yang ada di daerah dengan inovasi percepatan kinerja Aparatur dan pemerintah daerah dapat berjalan lebih baik. Namun demikian, kebiasaan ataupun cara lama yang selama ini baik tetap dilaksanakan dan lebih dioptimalkan.


“Pemkab Deliserdang terus berupaya mengembangkan inovasi setiap perangkat daerah dan berinisiasi untuk mendorong berkembangnya inovasi melalui lomba inovasi dan pada tahun ini telah melibatkan masyarakat”kata Bupati.


Ia memberi apresiasi kepada Mendagri melalui Kapus Strategi Kebijakan Pengembangan SDM, Teknologi Informasi dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri yang telah memberi motivasi, dukungan dan pembinaan kepada Pemkab Deliserdang sehingga bisa mewujudkan dan mendorong perangkat daerah untuk terus berinovasi.


Melalui kegiatan ini, Bupati berharap ke depannya inovasi ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak yang baik. “Saya minta kepada seluruh perangkat daerah untuk membuat inovasi di masing-masing unit kerja setiap tahun dengan membangun karya dan terobosan untuk percepatan dalam pelayanan publik. Begitu juga kepada Tim Inovasi Daerah untuk terus melakukan pemantauan serta evaluasi terhadap pencapaian dan perkembangan inovasi yang telah ada selama ini”tegas Bupati.


Ia juga menekankan perangkat daerah setiap tahunnya untuk mempedomani Peraturan Bupati Nomor 86 Tahun 2022 tentang Perubahan Perbup Deliserdang Nomor 9 Tahun 2021 tentang Inovasi Daerah Kabupaten Deliserdang dan Surat Edaran Bupati Nomor 061/1775 tanggal 16 Mei 2019 tentang Pelaksanaan satu Unit Kerja Satu Inovasi di Kabupaten Deliserdang agar minimal menghasilkan inovasi perangkat daerah untuk menjadi upaya terobosan dan meningkatkan capaian kinerja masing-masing perangkat daerah.


Kepada pemenang lomba, Bupati mengucapkan selamat dan terus bersemangat serta maju dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi dengan memberdayakan sumber daya yang dimiliki serta terus melakukan aktualisasi diri melalui tindakan baik dan nyata.


Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan SDM, Teknologi Informasi dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri Drs.Aferi Syamsidar Fudail, MSi, dalam sambutannya mengatakan lomba Inovasi Daerah ini merupakan aksi langkah maju didalam pembinaan pelaksanaan inovasi daerah sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah baik Propinsi dan Kabupaten.


Sebelumnya, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Deliserdang Dr.Remus Hasiholan Pardede dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian lomba inovasi yang telah dimulai sejak 2 Mei 2023.


Tujuan penganugerahan lomba Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deliserdang Tahun 2023 ini adalah memberikan motivasi dan mendorong semangat perangkat daerah dan masyarakat Deliserdang untuk berinovasi dalam peningkatan kinerja maupun pelayanan publik. Output dari kegiatan ini adalah upaya untuk memotivasi perangkat daerah dan masyarakat agar dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik serta daya saing daerah yang diwujudkan melalui inovasi.


Pemenang Lomba Inovasi Perangkat Daerah kabupaten Deliserdang Tahun 2023 masing-masing Juara I – III inovasi E-Padi (sistem elektronifikasi Pendapatan Asli Daerah Terintegrasi) Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Deliserdang, inovasi Demi Sepeda Bagus :sebuah model layanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus melalui PKBM, inklusi sosial, pendidikan keluarga, pemberdayaan stakeholder dan pendidikan berdiferensiasi di Kabupaten Deliserdang) Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Deliserdang, inovasi Limbat Delimas (Layanan IKM Bangkit Deliserdang Maju Sejahtera) Dinas Perindag Kabupaten Deliserdang.


Harapan I – III inovasi Salak Deli (Sarana Layanan Administrasi Kependudukan Deliserdang) Dinas Dukcapil Kabupaten Deliserdang, inovasi Siap Prof Dendang (Optimalisasi Pembayaran Tunjangan Profesi Guru berbasis Digital melalui sistem Informasi aplikasi verifikasi tunjangan di Deliserdang Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang, inovasi Si Bedi Makan Supermi (Akselerasi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Supervisi Akademik) SMP Negeri 2 Sibolangit, dan Juara Favorit adalah inovasi Demi Sepeda Bagus :sebuah model layanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus melalui PKBM, inklusi sosial, pendidikan keluarga, pemberdayaan stakeholder dan pendidikan berdiferensiasi di Kabupaten Deliserdang) Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Deliserdang.(BG/DS)

TRENDINGMore