DAERAHNEWSSUMUT

Pengabdian Dosen USU Bimbing Masyarakat, Pengolahan Susu Kambing

Sabtu, 21 Oktober 2023, 18:41 WIB
Last Updated 2023-10-21T11:41:12Z

  

Dr Nurzainah Ginting dan lainnya saat berfoto bersama dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

 


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan pengabdian masyarakat sejak Agustus sampai Oktober 2023 dengan membuat olahan susu kambing menjadi es krim probiotik kepada masyarakat Kelompok Usaha Bersama Tani Ternak di Desa Tadukan Raga, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang.


Pengabdian masyarakat itu dipimpin Dr. Nurzainah Ginting dengan anggota Prof. Zuhrina Masythah, Prof. Armansyah Ginting, Ir. Edhy Mirwandhono, M.Si dan dibantu 4 orang mahasiswa.


Dr. Nurzainah Ginting mengatakan, Kelompok Usaha Bersama Tani Ternak salah satu komoditi unggulannya adalah susu kambing, yang didapat dari ratusan kambing perah hasil cross breed dan kambing Peranakan Etawah (PE). Dimana kelompok tani tersebut telah lama menginginkan suatu bantuan agar mereka mempunyai produk olahan dari susu kambing.


“Namun mereka tidak mempunyai gagasan bentuk produk seperti apa. Produk tersebut diharapkan mereka akan menambah minat masyarakat terhadap susu kambing,” kata Nurzainah kepada wartawan, Sabtu (21/10).


Dengan melihat keinginan kelompok tani tersebut, sebut Nurzainah pihaknya dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik USU tertarik untuk melakukan pengabdian dengan membuat terobosan baru. “Oleh karenanya pada pengabdian ini diajarkan membuat olahan susu kambing menjadi es krim probiotik,”sebutnya.


Nurzainah mengaku, es krim adalah salah satu panganan lezat yang diminati masyarakat. Dan es krim probiotik itu sendiri adalah es krim yang mengandung bakteri baik untuk kesehatan. “Probiotik mengandung mikroorganisme hidup yang apabila diberikan pada manusia akan berpengaruh baik, karena akan menekan pertumbuhan bakteri patogen yang ada di usus manusia,” akunya.


“Bakteri probiotik bersifat dapat mengklonisasi dalam saluran cerna dan memberikan efek positif bagi kesehatan. Beberapa probiotik yang sering digunakan dalam makanan adalah lactobacillus dan bifidobacterium,” tambahnya.


Nurzainah pun menyebutkan, susu kambing menjadi es krim probiotik dengan kultur kefir akan memodifikasi pengolahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. “Proses pembuatan es krim probiotik dari susu kambing dapat dilakukan dengan menambahkan starter kultur probiotik ke dalam campuran susu kambing yang telah dipanaskan dan dicampur dengan bahan-bahan pembuat es krim seperti gula dan tepung maizena,” sebutnya.


Nurzainah mengakui, pengabdian masyarakat yang dilakukan Dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik USU sangat disambut baik Kelompok Ternak karena dihasilkan es krim yang telah diuji rasanya yang lezat serta menyehatkan karena mengandung bakteri probiotik. “Semoga pengabdian ini dapat membantu dihasilkannya produk dari susu kambing yang menyehatkan, disukai masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan peternak kambing,” tutupnya.(BG/REL)

TRENDINGMore