DAERAHNEWSSUMUT

Sungai Batang Kuis Meluap, Rumah Warga Terendam Banjir

Selasa, 26 Desember 2023, 11:51 WIB
Last Updated 2023-12-26T04:51:20Z
Warga berusaha memperbaiki tanggul sungai yang meluap. 


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Hujan seharian yang mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Deli Serdang mengakibatkan Sungai Batang Kuis meluap dan merendam rumah warga di dua kecamatan, Senin (25/12).


Berdasarkan data yang dihimpun, ada ratusan rumah warga yang berada di Kecamatan Tanjung Morawa dan Batang Kuis terendam banjir. Ketinggian air seukuran lutut orang dewasa dan di beberapa tempat seukuran pinggang.


Air merendam pemukiman dan masuk kedalam rumah hingga kedalaman seukuran lutut orang dewasa. Salah satunya rumah warga di Gang Rotan Perumahan Taman Sari Dusun XII Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa.


Ruli (52) warga Perumahan Taman Sari mengaku terpaksa mengevakuasi barang-barang di rumahnya yang rentan terkena air untuk diselamatkan dari banjir.


“Terpaksa mengamankan barang tak tahan air seperti elektronik dan baju ke tempat tinggi yang tidak terendam banjir. Banjir naik dari malam karena hujan terus dua hari ini,” ujarnya.


Ruli juga mengaku belum ada pihak BPBD atau Pemerintah Kecamatan Tanjung Morawa datang ke tempat mereka.


Mungkin karena disini sudah rutin bolak balik banjir, jadi tidak pulak heboh kali pemerintah dan masyarakat. Untuk mengatasi banjir tahunan di sini tidak ada yang punya solusi. Kita masyarakat pasrah sajalah. Palingan kalau tak mau kena banjir ya pindah rumah ke daerah lain,” ucap Ruli.


Pantauan Wartawan, banjir yang merendam ratusan rumah warga di Perumahan Taman Sari Desa Bangun Sari Baru belum juga surut.


Sedangkan banjir yang merendam rumah warga lainnya di Desa Sena dan Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Warga khawatir banjir akan tetap bertahan atau semakin meluas karena hujan di wilayah itu masih tinggi.


Banjir di kedua desa cukup parah. Kedalaman air diperkirakan hampir setengah meter sehingga memasuki sebagian besar rumah warga.


Penyebabnya air sungai dan saluran air meluap. Sehingga tanggul sungai jebol tak mampu menampung dan menahan debit air yang terus bertambah dari hulu sungai-sungai kecil yang ada di sekitaran desa tersebut.


Di Desa Bakaran Batu tercatat 150 rumah warga yang berada di Dusun I dan II terendam air. Sedangkan di Dusun X Desa Sena, banjir merendam 50 rumah warga di Perumahan Cendana Asri.


Kapolsek Batang Kuis, AKP Syahrizal, Selasa (26/12) mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa yang terkena banjir untuk membuat dapur umum.


Polsek Batang Kuis mencatat rumah warga yang terendam banjir karena curah hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan meluapnya Sungai Batang Kuis yang melintasi perbatasan Perumahan Cendana Asri Dusun X Desa Sena dan Dusun I dan II Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis.


“Kita sudah berkoordinasi dengan Kades untuk buat dapur umum. Tidak ada korban jiwa tapi air masih menggenangi rumah rumah warga. Diperkirakan, apabila tidak ada hujan, rumah warga yang tergenang air akan surut dan kemungkinan Sungai Batang Kuis akan kembali normal,” tandasnya.(BG/DS)

TRENDINGMore