DAERAHNEWSSUMUT

KPU Samosir Simulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024

Selasa, 30 Januari 2024, 16:36 WIB
Last Updated 2024-01-30T09:39:39Z

 

Komisioner KPU Samosir Koordinator Divisi Teknis Citra Br Simbolon, membuka simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2024.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir menggelar sosialisasi dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) Pemilu 2024, Selasa (30/1/2024) di lapangan HKBP Mogang Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.


Dalam simulasi yang dijalankan, KPU menyesuaikan kondisi tata letak pemungutan suara hingga kategori pemilih dengan kondisi sebenarnya.


Ketua KPU Kabupaten Samosir Vincentius AP Sitinjak, mengatakan bahwa simulasi ini salah satunya bertujuan untuk mempersiapkan bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Simulasi pemungutan suara.


“Tujuannya adalah kita sebarkan ke seluruh PPK, PPS, dan KPPS untuk membantu dalam rangka bimbingan teknis [bimtek] simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Pemilu 2024,” katanya 


Pantauan wartawan di lokasi, para petugas KPU Samosir mensimulasikan tata cara pencoblosan. Termasuk perbedaan yang terlihat di Pemilu 14 Februari mendatang dengan Pemilu-pemilu sebelumnya.


Dalam sambutannya, Komisioner KPU Kabupaten Samosir, Citra Dewi Simbolon mengungkapkan, bahwa aplikasi Sirekap merupakan perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi dan berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta alat bantu dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan di TPS.


SIREKAP adalah Sistem Informasi Rekapitulasi yang dikembangkan dan digunakan oleh KPU untuk perhitungan suara.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara menggunakan aplikasi SIREKAP.


Dimana Sirekap Mobile akan digunakan oleh KPPS dalam memotret formulir C-Hasil Plano menggunakan Smartphone berbasis android dan Sirekap Web digunakan PPK sebagai bahan rekapitulasi di tingkat Kecamatan serta rekapitulasi di tingkat Kabupaten oleh KPU.


Tampak hadir Kabag OPS Kompol Hasan, Pabung Dandim 0210, Ketua KPU Samosir Vincentius AP Sitinjak, Komisioner KPU Koordinator Divisi Teknis Citra Simbolon, Perwakilan Bawaslu Samosir, Camat Palipi, Kapolsek Palipi, dan para anggota PPK dan PPS se-Samosir.(BG/TS)

TRENDINGMore