DAERAHNEWSSUMUT

Longsor di Jalinsum Tarutung-Sibolga, 3 Korban Tewas dan Belasan Luka-luka

Minggu, 04 Februari 2024, 14:47 WIB
Last Updated 2024-02-04T07:51:38Z
Tim gabungan saat melakukan evakuasi para korban dari lokasi longsor. 


TAPUT-BERITAGAMBAR :


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih, menjelaskan, bencana longsor yang terjadi Desa Sibalanga Julu, Kecamatan Adian Koting, Tapanuli Utara (Taput) dipicu hujan deras sejak Sabtu (3/2/2024) sore.


Tiga orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut, yaitu Levianus Gea (27), Nirawati (30), dan Anselim Brilian Gea (1), ketiganya warga Jalan TB Simatupang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.


Selain itu, beberapa orang mengalami luka berat dan luka ringan. Korban luka berat, Marlon Simanulng (46), Nuralisbet (53), Putra Manulang (43), Sudung Hutagalung (36), Marlan Lumbantobing (59), dan Barto Manulang (61), telah dirujuk ke Rumah Sakit Sibolga.


Sedangkan korban luka ringan yang sudah diidentifikasi adalah, Paul Kevin Lase (15), Posma Pakpahan (39), Mario Jeremi (10), Jesica Gres (14), Aldo Pane (14), Angsa Pane (7), dan seorang Bapak Pane (42), mendapatkan penanganan di Puskesmas Parsikaman.


Tuahta mengatakan, BPBD Sumut telah mengambil langkah cepat dengan meneruskan peringatan dini kepada BPBD Kabupaten/Kota dan menurunkan satu unit alat berat, ekskavator, untuk membantu penanganan darurat.


“Tim di lapangan sedang berupaya melakukan pencarian dan penyelamatan, dengan fokus evakuasi korban,” imbuhnya.


Tuahta menjelaskan, kerugian sementara mencakup satu unit minibus, satu unit fuso ekspedisi, dan satu unit sepeda motor yang terseret material tanah longsor.


Kepala BPBD Sumut dan Bidang Darurat dan Logistik juga turun tangan membantu percepatan evakuasi korban di lokasi kejadian. Pos SAR Sibolga dan kantor SAR Nias juga telah turun langsung ke lokasi.


“Proses evakuasi masih berlangsung intensif. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mendukung upaya penanganan bencana ini,” pungkas Tuahta.


Informasi terakhir yang diperoleh Mistar.id, ada 6 mobil yang tertimpa longsor, yaitu Mitsubishi L300 BK 8077 TC, Toyota Avanza warna merah, BB 1955 DD, 2 unit mobil Toyota Avanza warna hitam, mobil Suzuki Ertiga warna hitam.(BG/TU)

TRENDINGMore