DAERAHNEWSSUMUT

Pemkab Batubara Terus Berinovasi Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

Rabu, 06 Maret 2024, 16:06 WIB
Last Updated 2024-03-06T09:06:38Z
Pj Bupati Batu Bara Nizhamul memaparkan inovasi KIP di Pemkab Batubara


BATUBARA-BERITAGAMBAR :


Penjabat (Pj) Bupati Batubara Nizhamul menyampaikan dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan, pihaknya terus berupaya berinovasi dalam peningkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).


“Hal ini sejalan dengan salah satu tagline Kabupaten Batubara yaitu transparansi,” uja Nizhamul saat menerima kunjungan Asisten Deputi Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenkopolhukam RI, Y Saiful Garyadi, di Aula Kantor Bupati Batubara, Rabu (6/3/24).


Menurutnya, Keterbukaaan Informasi Publik akan sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi sehingga informasi mudah dijangkau, andal, terpercaya dan Interaktif.


Pemerintah Kabupaten Batubara, disebutkan Nizhamul juga terus berupaya dalam mengelola informasi dengan baik melalui kolaborasi multi stakeholder yang melibatkan semua unsur.


“Dengan demikian, semua informasi yang sampai kepada masyarakat luas dapat diterima secara informatif dan cepat,” ucapnya.



Nizhamul juga menyampaikan bahwa sejak Desember tahun 2021 Pemkab Batu Bara mulai menggunakan Pusat Data Nasional. Pada Desember 2022, terdapat 38 web/aplikasi milik Pemkab Batubara yang didukung oleh Produk Dalam Negeri (PDN) sementara.


“Diantaranya System Online Submission (OSS), aplikasi sicantik cloud untuk mempercepat penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan, Dokter KK GO digital atau dokumen terbit karena kelahiran secara digital dan DUKCAPIL hadir di desa. Ini merupakan inovasi layanan yang dilaksanakan di masing-masing desa memanfaatkan aplikasi berbasis web, sehingga masyarakat cukup datang mengurus di kantor desa,” tegasnya.


Dijelaskan Nizhamul, inovasi pelayanan pemerintah dalam hal transparansi informasi publik merupakan sebagai upaya Pemkab Batu Bara menuju Kabupaten Batu Bara Bangkit.(BG/ B)

TRENDINGMore