DAERAHNEWSSUMUT

Wali Kota Siantar Dukung Pembangunan Tugu Sangnaualuh Damanik, DPRD Setujui Anggaran

Kamis, 25 April 2024, 14:21 WIB
Last Updated 2024-04-25T07:21:28Z
Walikota Siantar, Susanti Dewayani memberikan kata sambutan HUT ke-153 Kota Pematangsiantar.


PEMATANGSIANTAR-BERITAGAMBAR :

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani mendukung realisasi pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh Damanik pada tahun 2024 ini. Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sendiri telah menganggarkan dana hibah untuk pembangunan tugu tersebut.


Hal itu disampaikan Susanti dalam sambutannya menghadiri acara Ziarah ke Jerat Raja Sangnaualuh Damanik, di Kelurahan Pematang, Kecamatan Siantar Selatan, Rabu (24/4/2024).


Kegiatan ziarah tersebut sebagai rangkaian peringatan HUT ke-153 Kota Pematangsiantar dan Haul ke-110 Tahun Raja Sangnaualuh.


Susanti yang hadir dengan mengenakan kebaya biru dilengkapi bulang (penutup kepala khas Simalungun) mengakui, hingga saat ini Pemko Pematangsiantar tetap intens berkomunikasi dengan keluarga Raja Sangnaualuh terkait rencana pembangunan tugu tersebut.


“Saya ikuti perkembangan rapat dengan keluarga ahli waris dan instansi vertikal. Pemko Pematangsiantar sangat mendukung sepanjang telah menjadi kesepakatan warga. Apapun itu, saya dukung pembangunan tugu di tahun 2024 ini,” kata Susanti.


Ia meyakini, dengan niat baik tugu Raja Sangnualuh Damanik bisa berdiri megah di Kota Pematangsiantar. “Jangan sampai gagal lagi untuk ke sekian kalinya,” harapnya.


Susanti menjelaskan, kegiatan ziarah merupakan kegiatan rutin setiap tahun, yang diharapkan menjadi momentum melakukan introspeksi seberapa jauh bisa mewarisi nilai-nilai kepahlawanan Raja Sangnaualuh.



“Delapan podah Raja Sangnaualuh harus jadi pegangan dalam membangun Kota Pematangsiantar. Semoga ahli waris dapat memelihara dan melestarikan nilai-nilai perjuangan demi mewujudkan Pematangsiantar lebih Sejahtera,” tandasnya.



Sementara itu, Ketua Yayasan Sangnaualuh, Evra Sasky Damanik berterima kasih kepada semua pihak maupun Wali Kota Pematangsiantar.


“Kami berharap acara seperti ini bisa selalu dilaksanakan, dan semakin lebih baik. Apabila ada kesalahan, itu mutlak dari kami dan kami mohon maaf,” katanya.


Plt Kepala Dinas PUTR, Sofian Purba mengungkapkan, alokasi dana pembangunan Tugu Raja Sang Naualuh sebesar Rp.5 miliar, Rp.2 miliar untuk konstruksi dan Rp.3 miliar seni arsitektur bangunan dan lainnya.


Lokasinya tugu tersebut direncanakan di Simpang 3 Jalan Sang Naualuh, Kecamatan Siantar Timur persis samping Taman Makam Pahlawan.


DPRD Kota Pematangsiantar menyetujui anggaran pembangunan tugu Raja Sang Naualuh ditampung dalam APBD tahun 2024 sebesar Rp.5 miliar di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).


Ketua Komisi III, Denny Torang Siahaan menyebut pembangunan tugu Raja Siantar itu direncanakan tahun ini. (BG/SMG)

TRENDINGMore