DAERAHNEWSSUMUT

Batubara Bangkit Fashion Week Kenalkan Tenun Wastra kepada Gen-Z

Minggu, 19 Mei 2024, 22:12 WIB
Last Updated 2024-05-19T15:12:15Z
Pj Bupati Batu Bara Nizhamul memasuki panggung kehormatan diiringi peserta ‘Batu Bara Bangkit Fashion Week’ tahun 2024 kategori umum


BATUBARA-BERITAGAMBAR :


Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, mengharapkan ‘Batu Bara Bangkit Fashion Week’ tahun 2024 dapat menjadi ajang memperkenalkan kearifan lokal tenun wastra (kain tradisional) Batu Bara kepada Gen-Z.


Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) tersebut dihelat di Pantai Jono, Kecamatan Medang Deras, Minggu (19/5/2024).


Nizhamul juga berharap ajang ini dapat menghasilkan juara yang memiliki kepribadian, karakter dan jati diriang kuat untuk dapat dijadikan teladan, dan dapat menginspirasi seluruh generasi muda di Kabupaten Batu Bara.


Batu Bara Bangkit Fashion Week kali ini memperebutkan hadiah total Rp20 juta memperlombakan 3 kategori yakni TK/Paud, SD, dan umum.


Dengan tema ‘Mari kita bangkitkan kearifan lokal tenun wastra Batu Bara kepada generasi muda milenial Kabupaten Batu Bara’, Nizhamul mengapresiasi Disporabudpar Kabupaten Batu Bara.


Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh panitia pelaksana serta seluruh elemen yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan Batu Bara Bangkit Fashion Week tahun 2024.


“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kebudayaan dan pariwisata merupakan hasil cipta, rasa dan karsa serta karya manusia yang terkristalisasi pada resam dan adat yang menjadi tradisi di dalam masyarakat itu sendiri ,” kata Nizhamul.


Batu Bara Bangkit Fashion Week 2024, diharapkan Nizhamul dapat dijadikan sebagai sarana aktualisasi diri generasi muda dalam menela’ah dan memahami ‘Tanah Keramat Negeri Bertuah’, yang selanjutnya dapat diperkenalkan dikancah nasional maupun internasional.


Nizhamul menambahkan, melalui acara ini dapat dicari bakat-bakat atau talenta yang ada di Batu Bara dalam hal fashion agar tidak ketinggalan dengan kota-kota besar lainnya.


“Ini yang harus kita dukung, makanya kami dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara selalu mendukung event-event yang dilakukan oleh OPD,” lanjutnya.


Kepada anak-anak yang berpartisipasi pada fashion week, Nizhamul meminta agar mereka dapat mengaktualisasi diri sebagai good will ambassador dari historis, kultural budaya serta adat dan resam Batu Bara sebagai jati diri, sehingga kelak di manapun berada.


Pada pagelaran tersebut, Nizhamul berkesempatan memberi pertanyaan kepada finalis guna menguji kemampuan finalis Batu Bara Bangkit Fashion Week serta melihat kondisi Pantai Jono dan berdiskusi dengan OPD terkait untuk memperbaharuinya. (BG/BB)

TRENDINGMore