PENDIDIKAN

Pelajar Usia 12-14 di Samosir Ikuti Pemanduan Bakat

Rabu, 23 Oktober 2019, 11:30 WIB
Last Updated 2019-11-28T02:47:56Z
Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga membuka Tes Pemanduan Bakat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga di Samosir. (Ist)

BERITAGAMBAR-Samosir

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi Pembibitan dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Olahraga, menggelar tes pemanduan bakat olahraga di Lapangan Raja Futsal Pangururan, Samosir, Rabu (23/10/219).

Mewakili Bidang Pengembangan dan Pemanduan Bakat Kemenpora, Suprayitno, mengatakan tujuan kegiatan adalah stimulan atau perangsang untuk mencari bibit-bibit prestasi potensial yang dapat membela olahraga Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

"Butuh suatu proses yang panjang untuk menciptakan atlet yang potensial melalui pembinaan yang berjenjang, berkelanjutan serta pemanfaatan ilmu olahraga,” katanya.

Terdapat sepuluh komponen dalam tes pemanduan bakat yang dilakukan terhadap pelajar tersebut, yakni tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang kedua lengan, lempar-tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter, dan lari multitahap.

“Karenanya, kami berharap hasil dari pemanduan bakat ini dapat ditindaklanjuti pembinaannya oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Samosir," tambahnya.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda Kebudayaan dan Olahraga, Jhon Parlindungan Simbolon mengatakan kegiatan itu diikuti 400 pelajar dari 22 SMP dan 3 SD di Kabupaten Samosir.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, mengatakan tes diselenggarakan dalam rangka pencarian bibit olahraga prestasi, khususnya untuk usia 12-14 tahun. "Terima kasih kepada Kemenpora yang telah menunjuk Kabupaten Samosir sebagai daerah yang ditunjuk untuk seleksi pemanduan bakat. Semoga hasilnya dapat memetakan bakat anak-anak kita untuk lebih berprestasi lagi,” harap Juang.

Acara pembukaan tes pemanduan bakat olahraga ini juga dihadiri Kadis Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Waston Simbolon serta para instruktur pemanduan bakat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. (TS)

TRENDINGMore