NASIONAL

Dipilih Jokowi Jadi Menteri, Juliari P. Batubara Bertugas Atasi Kemiskinan

Rabu, 23 Oktober 2019, 11:55 WIB
Last Updated 2019-11-28T02:47:56Z
Juliari Peter Batubara | Instagram

Berita Gambar - Jakarta

Politisi PDI Perjuangan Juliari Peter Batubara diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantunya sebagai Menteri Sosial. Ia dipanggil ke Istana pada Selasa, 21 Oktober 2019.

Juliari merupakan putra dari politikus senior PDIP almarhum AP Batubara. Ia bukanlah orang baru di dunia politik. Sebelum terjun di politik, dia adalah pengusaha muda yang bergerak di bidang pelumas oil kendaraan.

Pria kelahiran 22 Juli 1972 ini, sebelumnya adalah anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. Juliari duduk di Komisi VI DPR-RI. Komisi tersebut membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM & BUMN, dan standarisasi nasional.

Juliari yang pernah mengenyam pendidikan di Riverside City College dan Chapman University di Amerika Serikat ini sebelum masuk dunia politik, sempat menjadi petinggi beberapa perusahaan, yakni PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Arlinto Perkasa Buana, PT Bwana Energy, dan PT Tridaya Mandiri.

Ia juga pernah menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (Aspelindo) pada 2007-2014. Kemudian Juliar pun pernah menjadi Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM Kadin pada 2009-2010.

Juliari menjadi salah satu orang yang dipanggil Presiden Joko Widodo dalam rangka pembentukan Kabinet Kerja II.

Wakil Bendahara Umum PDIP ini kini diminta Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan di Tanah Air. Kepala Negara ingin kemiskinan yang masih banyak melanda masyarakat Indonesia bisa turun secara bertahap.

"Ya program dan tanggung jawab utamanya bagaimana kita bisa mengkoordinasikan tepat sasaran, mengatasi kemiskinan secara bertahap," kata Juliari di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jokowi juga meminta Juliari agar berkoordinasi dengan hal-hal yang berkaitan dengan kebencanaan.

"Beliau menginginkan respons terhadap bencana alam dijalankan lebih cepat dan tepat. Itu pesan utama dari Presiden ke saya," ungkap Juliari.

TRENDINGMore