NASIONAL

Pesan Pertama Jokowi ke Masyarakat Papua

Selasa, 29 Oktober 2019, 06:07 WIB
Last Updated 2019-10-28T23:07:22Z
Presiden RI Joko Widodo Kunjungan kerja ke Papua. (Ist)

BERITAGAMBAR-JAKARTA
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja pertama usai dilantik sebagai Presiden periode keduanya. Dalam kunjungannya itu, Jokowi menyampaikan pesan tersirat kepada tokoh di Papua.

Jokowi melakukan kunjungan di Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019). Kunjungannya ke Papua untuk meresmikan Jembatan Youtefa, yang merupakan ikon baru Kota Jayapura.
Namun, sebelum ke acara peresmian Jembatan, Jokowi menemui tokoh Papua di Wamena.

Jokowi mengungkapkan wilayah pertama yang dikunjunginya setelah dilantik di periode ini adalah Papua. Jokowi berharap pesan ini dipahami para tokoh dan masyarakat Papua.
"Saya hanya ingin menunjukkan, setelah pelantikan pada periode kedua ini yang pertama saya kunjungi adalah tanah Papua. Pesan yang ditangkap mestinya jelas. Pesannya apa? Jelas. Nggak usah saya jelaskan," kata Jokowi saat bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (28/10/2019).

Kunjungan ke Wamena dilakukan Jokowi setelah kerusuhan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Kerusuhan itu, kata Jokowi, juga pernah terjadi di wilayah lain.
Jokowi berharap kondisi di Wamena benar-benar pulih. Ia memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan jajarannya segera memperbaiki bangunan yang rusak, seperti pasar, kantor bupati, dan rumah warga.

"Kita semua ingin agar di Wamena ini kembali normal, baik fisik maupun psikologis politiknya, dan saya meyakini apa yang disampaikan tadi memberikan semangat pada kita semua agar masalah dapat kita selesaikan secepatnya," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi meminta kerusuhan tidak terjadi lagi di tanah Papua, termasuk di Wamena. Jokowi mengajak peran serta tokoh dan masyarakat menjaga situasi kondusif.
Jokowi mengatakan TNI dan Polri siap menjamin keamanan di Wamena. Harapannya, aktivitas perekonomian masyarakat segera pulih. Menyusul dari kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu, Jokowi memerintahkan jajarannya memperbaiki bangunan yang rusak.

"Aparat TNI dan Polri siap menjamin keamanan agar roda ekonomi yang ada kembali normal. Negara ini, Indonesia negara besar. Jadi kalau ada masalah, ada problem, kita selesaikan. Yang paling penting masalahnya selesai. Untuk yang rumah, ruko, saya perintahkan menteri PU secepatnya diselesaikan agar fisik kebakaran segera hilang dari kota Wamena ini, jadi nggak ada psikologis bahwa ini pernah kejadian," katanya.

"Baru nanti tahapan kedua mengembalikan kepercayaan kita semua bahwa Pegunungan Tengah, Kota Wamena, ini kota yang aman, saya 4 kali ke sini, penduduknya sangat ramah sekali, ketika kejadian, inilah tugas kita bersama untuk menyelesaikan," imbuh Jokowi.(dtc)

TRENDINGMore