SUMUT

Tortor Sigalegale Hibur Peserta Gateball di Balige

Selasa, 29 Oktober 2019, 06:18 WIB
Last Updated 2019-10-28T23:18:49Z
Penampilan patung Sigale-gale
BERITAGAMBAR-BALIGE. Tortor Sigale-gale yang disuguhkan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menjadi hiburan unik bagi peserta Pra PON Gateball ke-XX yang baru tiba dari berbagai wilayah di Indonesia. Diiringi lagu'Sinanggar Tullo' para peserta hanyut dalam kegembiraan.
Panitia pelaksana, Pentus Siahaan mengatakan kegiatan hiburan sebelum dimulai pertandingan gateball merupakan salah satu program memperkenalkan budaya Batak kepada tamu yang sudah lelah selama perjalanan hingga tiba di Balige. Untuk itu dibuat hiburan sebagai pelepas lelah.

"Pertandingan tidaklah semata tujuan, ada baiknya seperti apa kebudayaan daerah 'Batak' juga perlu diperkenalkan kepada tamu termasuk tortor sigale-gale, "ujar Pentus, Senin (28/10/2019) di Lapangan Gateball, di Komplek Kantor Bupati Tobasa.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian yang turun langsung memimpin acara tortor didampingi Wabup Hulman Sitorus dan Sekda Audhi Murphy Sitorus bersama pimpinan OPD diantaranya, Kadis Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak, Kadis PUPR Darlin Sagala, Kadis Perkim Jonny Lubis, Kadis PMD Henry Silalahi, Kaban BPBD Herbet Pasaribu, Kabag Humas Robinson Siagian dan Kabag Hukum Lukman Siagian keseluruhannya berbaur dengan tamu-tamu manortor mengikuti irama sigale-gale.

Tidak kalah pentingnya, diantara peserta juga memperkenalkan bagaimana kebudayaan daerahnya termasuk kontingen dari Pulau Dewata Bali secara khusus menampilkan tarian budayanya sehingga tampak lebih semarak.

Diakhir acara, sebelum peserta menuju tempat penginapan diberbagai hotel dan home stay yang bertebar di Balige dan Siborongborong tampil kontingen Pemprovsu menghibur para tamu dengan tarian tortor kreasi baru diiringi lagu 'anak medan'.

Tulus Hutabarat sebagai master of ceremony (MC) sekaligus sebagai panitia lokal dalam informasinya di penutupan acara hiburan bahwa Selasa (29/10/2019) tepat pukul 07:30 WIB agenda kegiatan masuk pada babak pertandingan gateball berlanjut pada pukul 10:00 WIB acara seremonial pembukaan kegiatan Pra PON ke-XX oleh Dirjen PUPR.(net)

TRENDINGMore