PARIWISATASAMOSIR

Pemkab Samosir Gelar Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Pariwisata Kawasan Danau Toba

Sabtu, 16 November 2019, 14:51 WIB
Last Updated 2019-11-16T07:53:08Z
Pemkab Samosir Gelar pemberdayaan komunitas masyarakat.(ist)




BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Kepala Dinas Pendidikan, Rikardo Hutajulu, membuka Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Pariwisata Kawasan Danau Toba di Hotel JTS Parbaba, Jumat (15/11/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara IT Del dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Komunikasi (BAKTI) Kementerian Kominfo. Dalam sambutannya, Rikardo Hutajulu menyampaikan Kawasan Danau Toba merupakan tambang emas pariwisata yang belum dieksplorasi secara optimal.

Ketua panitia, Armando Marulitua Sinaga, menyampaikan kegiatan ini diikuti lebih kurang 80 orang yang terdiri dari unsur Dinas Kominfo Kawasan Danau Toba, para kepala SKPD Pemkab Samosir, narasumber, mahasiswa dan dosen IT Del, jurnalis, dan pelaku wisata serta seni budaya.

Area manager Traveloka, Eko Cahyono Wibowo, memaparkan ada 12 layanan di Traveloka yang mendukung pariwisata Kawasan Danau Toba.
Dia juga menekankan eksplorasi yang optimal untuk Kawasan Danau Toba dalam pemasaran pariwisata. “Dari segi jalan masuk, pariwisata Kawasan Danau Toba telah menunjukkan growth (pertumbuhan) yang cepat dengan indikator tiket yang cepat habis untuk tujuan Bandara Silangit,” sambil menceritakan pengalamannya dalam perjalanan ke Samosir mengikuti acara ini.

 Dia juga menyampaikan kesiapan Traveloka untuk melaksanakan kerja sama dengan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kawasan Danau Toba untuk mengembangkan pariwisatanya lewat pemasaran secara digital.

Paparan lain tentang fotografi, Tigor Edward Siahaan, menyatakan Kawasan Danau Toba memiliki kekayaan eksplorasi wisata fotografi alam, manusia, sejarah, budaya, dan aktivitas keseharian. “Kebersihan adalah dasar utama dalam mengeksplorasi gambar kehidupan kawasan adalah kebersihan, keasrian, dan keramahan,”seraya menjelaskan esensi fotografi dalam publikasi pariwisata yang dapat menarik pengunjung ke tujuan-tujuan wisata. Eksplorasi gambar ini memiliki daya jual yang tinggi jika dikelola dengan baik dan profesional.

IT Del juga tidak ketinggalan dalam memberhasilkan pemberdayaan komunitas masyarakat di Kawasan Danau Toba. Ricky Purba, menjelaskan visi Del FM dengan tagline “Conneting you to Tobasa”. Secara sederhana dia menjelaskan bahwa Del FM berfokus pada edukasi dan pariwisata untuk seluruh warga Kawasan Danau Toba dalam rentang jarak siar 40 kilometer. Dalam waktu dekat, Del FM juga akan melakukan lomba Vlog tentang Seni dan Budaya di Kawasan Danau Toba. Pada sesi tanya jawab, Ricky juga menegaskan bahwa Del FM siap menjalin kerja sama dengan komunitas masyarakat untuk mempublikasi situs-situs dan kegiatan seni budaya.

Utusan dari Dinas Kominfo Kawasan Danau Toba juga memberikan masukan-masukan yang konstruktif untuk pemberdayaan komunitas masyarakat dalam mengoptimalisasi pariwisata yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Rohani Bakara, Kepala Dinas Kominfo Samosir, memaparkan proses realisasi KSPN dalam Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Kabupaten Samosir yang memiliki dua Key Tourism Area (KTA) yaitu Simanindo dan Pangururan. Ranperda Rencana Induk Pariwisata Daerah (RIPARDA) Kabupaten Samosir sedang disusun dan diharapkan akan disahkan pada tahun 2020. Dia juga mengharapkan agar BAKTI dapat memberikan pengadaan wifi gratis di situs-situs wisata dan budaya sebagai nilai tambah pariwisata Samosir.

TRENDINGMore