HEADLINESAMOSIR

Berikut Objek Yang Rusak Dihantam Banjir Bandang di Samosir

Senin, 09 Desember 2019, 09:26 WIB
Last Updated 2019-12-09T02:27:03Z
Dermaga kapal Desa Holbung rusak.

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Hujan deras yang mengguur Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, mengakibatkan banjir bandang di Desa Holbung, Kecamatan Sitio-tio, Minggu (8/12/12/2019), sekira pukul 22.00 WIB.

Luapan air hujan yang turun dari atas perbukitan menyebabkan batu bercampur lumpur dan pepohonan terbawa arus air mengalir ke Danau Toba di Binanga (Sungai) Sigog tidak mampu menampung debit air yang mengalir dari hulu sungai, sehingga meluap menghancurkan beberapa jembatan dan 1 pelabuhan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir, Mahler Tamba, Senin pagi (9/12/2019) kepada wartawan.
Material kayu, lumpur dan batu besar berserakan di Sungai.


Telah terjadi banjir bandang di Desa Holbung, Kecamatan Sitio-tio. Kejadian itu tidak ada korban jiwa,  namun akses antar dusun sudah terputus dan terjadi kerusakan pelabuhan kapal yang baru dibangun.  Warga di pesisir Danau Toba sedang mengungsi ke daerah yang lebih tinggi,"ujarnya.

Sarana dan prasarana infrastruktur juga rusak dan terputus, Akses dari kantor desa ke dusun 2 dari pelabuhan terputus, pelabuhan lama retak dan pelabuhan baru hancur.  Akses jalan protokol dusun 1 ke dusun 2 tertutup pohon2 besar yang tumbang.  Akses dusun 1 ke dusun 3 dari ( dolok) perbukitan terputus dan dipenuhi tumpukan batu besar yang terbawa arus sungai.  Lahan pertanian yang ditanami padi milik masyarakat banyak yang tertutup lumpur akibat luapan Binanga (sungai) Sigog. 

TRENDINGMore