NEWSPENDIDIKANSAMOSIR

Bupati Samosir Rapidin Simbolon Berikan Beasiswa

Kamis, 26 Desember 2019, 06:28 WIB
Last Updated 2019-12-25T23:28:48Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu menyerahkan beasiswa kepada siswa berprestasi.


BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Pemkab Samosir memberikan beasiswa kepada 1.014 siswa berprestasi dan siswa yatim piatu pada kesempatan Perayaan Natal yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Samosir di Hotel Dainang, Jalan Putri Lopian,  Pangururan, Senin (23/12/2019).

Diawali kebaktian dengan tema “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapan pada Tuhan” dan sub tema “Dengan semangat natal tingkatkan prestasi dan pendidikan karakter sebagai wujud hidup beriman.”
Bupati Samosir Rapidin Simbolon bergambar bersama dengan penerima beasiswa.

Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu, dalam temu pers yang dipandu Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Juang Sinaga, Kacabdinas Pendidikan Sumut Alfred Silalahi,  menyampaikan bahwa terjadi kenaikan prestasi pendidikan dalam hasil UN Tahun 2019 di Kabupaten Samosir yaitu peringkat IV se-Sumatera Utara.

“Tidak hanya pada prestasi UN tetapi terjadi kenaikan dalam jumlah siswa yang masuk SMA Unggul baik di Del, Soposurung, dan Matauli Pandan,” ungkapnya seraya menegaskan bahwa prestasi ini bukanlah akhir melainkan awal untuk lonjakan-lonjakan prestasi berikutnya.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam sambutannya juga memerintahkan Kadis Pendidikan untuk mengawal pendidikan anak yatim piatu di Kabupaten Samosir.

 “Kita harus memberikan kasih sayang kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari terutama anak yatim piatu,” pintanya kepada seluruh orang tua dan guru.

 Dia juga menegaskan bahwa bila kita serius membenahi pendidikan dari sekarang, maka kita akan menuainya dalam kurun waktu puluhan tahun ke depan yaitu adanya siswa/i dari Samosir lulusan dari Perguruan Tinggi ternama dengan pengetahuan, sikap, perilaku, dan karakter yang dapat dibanggakan.

Para guru juga diharapkan untuk tidak lupa tugas dan tanggung jawabnya yaitu mendidik, melatih, dan mengajar harap Rapidin Simbolon.
Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah penerima beasiswa prestasi sejumlah 225 orang dan beasiswa yatim piatu sebanyak 766 orang terdiri dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK.

 Walaupun pengelolaan SMA/SMK sudah domain Provinsi Sumatera Utara, Pemkab Samosir tetap peduli karena mereka juga putra-putri Samosir. Beasiswa juga akan diberikan kepada mahasiswa berprestasi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Samosir.

TRENDINGMore