NEWSSAMOSIR

Menunggu Swab Test Massal, Ayo Disiplin Ikuti Prokes

Rabu, 30 September 2020, 21:03 WIB
Last Updated 2020-09-30T14:04:54Z

Juru bicara GTPP Covid-19, Kabupaten Samosir Rohani Bakkara.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM
GTPP Covid-19 Samosir masih menunggu tindak lanjut Swab Test Massal di Samosir oleh GTPP Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera, masyarakat dihimbau ikti dan patuhi protokol kesehatsn (prokes).

Hal itu disampaikan Juru bicara GTPP Covid-19 Samosir yang juga Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakkara, Rabu (30/9) di Pangururan.

Dengan Swab Test Massal diharapkan kepastian peta persebaran di setiap kabupaten/kota dapat digambarkan dan dilanjutkan antisipasi dengan tracing, tracking, dan treatment sekaligus dengan mitigasi yang bersegera disiapkan mengantisipasi keadaan lapangan," ujar Jubir Satgas GTPP Covid Samosir.

Pada dasarnya, yang perlu kita antisipasi adalah orang asymptomatic yang menjadi carrier yang menginfeksi orang-orang yang berinteraksi dengannya tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Orang rentan dengan imunitas rendah perlu kita proteksi karena jika terinfeksi, harga yang harus dibayar cukup mahal. Oleh karena itu, disiplin 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, dan menjaga jarak interaksi perlu kita tekankan bagi seluruh masyarakat Samosir untuk mencegah potensi penularan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada kerumunan-kerumunan.

Mari kita utamakan keselamatan masyarakat dengan konsisten melakukan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara Pilkada. Ketiga, kita juga perlu mensiasati perayaan hari-hari besar keagamaan pada bulan Desember 2020 - Januari 2021.

Tindakan antisipatif perlu kita tekankan secara berulang-ulang terutama pentingnya protokol kesehatan

Di samping itu, pada tanggal 7 Oktober 2020 direncanakan jenjang SD sudah mulai melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dengan protokol kesehatan mengikuti apa yang sudah dilakukan pada jenjang SMP.

Kita perlu mensiasati persiapan protokol kesehatan bagi para peserta didik SD terutama bagi para keluarga idealnya memastikan kesiapan ini agar tidak terjadi klaster baru di sekolah.

Diberitahukan data persebaran Covid-19 di Samosir adalah 1 terkonfirmasi, 1 pasien sembuh dan 1 meninggal dunia. (BG/TS1)

TRENDINGMore