HEADLINENEWSSAMOSIR

15 Terkonfirmasi Covid-19 di Samosir, Tetap Waspada dan Jangan Panik

Minggu, 11 Oktober 2020, 19:27 WIB
Last Updated 2020-10-11T12:36:55Z

 

Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun memimpin rapat bersama Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Direktur RSUD dr Hadrianus Sinaga, terkait strategi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Samosir, menginformasikan ada 15 orang terkonfirmasi.


Hal itu disampaikan Juru bicara GTPP Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara, Minggu (11/10) melalui siaran persnya.

Peta persebaran Covid-19 di Samosir sesuai data GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir.


"Ada penambahan 5 orang terkonfirmasi dari sebelumnya 10 orang terkonfirmasi," jelasnya.


GTPP Covid-19, menghimbau seluruh masyarakat Samosir agar tetap waspada dan tidak panik mengingat indikasi penambahan jumlah kasus suspek di Samosir. Laporan terakhir, 10 orang terindikasi Covid-19 di 2 Puskesmas di Pangururan dan Simanindo. 


Namun demikian, konfirmasi ini akan dirilis secara resmi setelah hasil uji dikeluarkan oleh pihak yang berotoritas," imbuh Rohani.


"Waspada berarti tetap melakukan protokol kesehatan dan menjaga kelompok rentan yaitu anak-anak, lansia, dan penderita penyakit penyerta. Jangan panik berarti GTPP Covid-19 tetap hadir melakukan upaya tracing,  tracking untuk pengendalian penyebaran untuk memastikan keselamatan masyarakat. 


Di samping itu, kita harus memiliki pemahaman yang benar bahwa Covid-19 dapat sembuh dengan perawatan medis. 


GTPP Covid-19 Samosir akan membuat kebijakan strategis untuk menangani perkembangan terkini terkait 10 orang pegawai di dua Puskesmas terindikasi Covid-19. Selain itu, GTPP Covid-19 juga telah melakukan kordinasi dengan GTPP Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk tindakan-tindak pencegahan, pengendalian, penanganan, dan mitigasi yang akan dilakukan. 


Besok, Senin (12/10), GTPP Covid-19 Samosir akan melaksanakan rapat kordinasi untuk mensiasati perkembangan persebaran Covid-19 sekaligus mengambil langkah-langkah pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19. 


GTPP Covid-19 Samosir mengajak seluruh pentahelix untuk tetap melakukan kordinasi dan kolaborasi agar pengendalian kasus infeksi dapat dilaksanakan dengan baik untuk menciptakan kondisi masyarakat yang waspada dan tidak panik serta tetap terjaga memantau keadaan terkini untuk diantisipasi sedini mungkin.   


Data Perkembangan Covid-19 Kabupaten Samosir, Minggu (11/10) Kabupaten Samosir

Suspek : Nihil, Konfirmasi : 15 orang , Sembuh : 1 orang , Meninggal Dunia : 2 orang. (cts)


TRENDINGMore