NEWSSAMOSIR

300 Kios Pajak Tingkat Pusat Pasar Berastagi Terbakar

Selasa, 17 November 2020, 14:53 WIB
Last Updated 2020-11-17T07:53:36Z

 

SATU unit Damkar Pemda Karo terlihat memadamkan api di lokasi kejadian.

TANAH KARO(Waspada): Kobaran api kembali membakar ratusan kios dan ruko di Pajak tingkat pusat pasar Berastagi, Jln. Tambak Lau Mulgap II, Kecamatan Berastagi sekira pukul 01.00 Wib, Selasa(17/11). Dalam peristiwa itu tidak ditemukan korban jiwa, namun kerugian diperkirakan puluhan milayar rupiah.


Hal ini dikatakan Kapolres T. Karo AKBP Yustinus Setyo melalui Kasubag Humas Iptu Syaril Lubis kepada Waspada di Kabanjahe. Peristiwa kebakaran itu terjadi diduga akibat arus pendek yang terjadi di salah satu kios. Api diketahui menjalar dengan cepat, karena kebanyakan kios yang terbuat dari kayu dan berisi pakaian. 


Dari keterangan saksi Andi Petra,26, Indra Karisma Pelawi,27 dan M Zulkifli  Nasution, ketiga merupakan petugas jaga malam di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Mereka melihat lampu jalan di Simpang Jln. Penghasilan mati. Selanjutnya mereka mengecek penyebab lampu mati, dan mereka lalu menghidupkan kembali sakelarnya, namun lampu tetap tidak menyala. 


Selanjutnya mereka kembali melakukan pengecekan di meteran yang berada di Simpang Tiga Gg. Merek Berastagi  dan kembali menghidupkan sakelarnya. Namun lampu tetap tidak bisa menyala dan terlihat ada api kecil. Secara bersama mereka melihat api kecil, mereka dikejutkan dengan suara teriakan kebakaran oleh warga dari dalam gang. Mendengar teriakan histeris ketiganya berlari langsung menuju ke sumber api.


Dijelaskan ketiga saksi dan warga yang saat itu juga mengetahui, kalau kobaran api terlihat dengan cepat menyambar ke sejumlah kios, diantaranya warung kopi milik Asmarija Kaban,55 yang tinggal di lokasi kejadian. Mereka juga mengaku saat mengetahui kejadian sejumlah warga segera menghubungi pihak pemadan dan secara gotong royong mencoba memadamkan kobaran api.


Namun kondisi lokasi kebakaran yang sangat sempit, warga terpaksa extra hati hati memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya, sambil menunggu pihal Damkar tiba di lokasi kejadian. Berselang 30 menit sebanyak 8 Unit  Damkar tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan penyiraman di bantu warga sekitar. Dan sekira pukul 05.30 Wib kobaran api berhasil dijinakan, namun kondisi ratusan kios dan ruko berikut isinya hangus di lalap si jago mereh, jelas Syahril.


Sementara itu, Kordinator Pusat Pasar Berastagi, Pibadi Sebayang menjelaskan dalam peritiwa kebakaran itu diketahui sekitar 300 unit kios, dintaranya 8 unit Ruko dan 10 unit Ruko milik warga ludes terbakar. Sampai saat ini masih dilakukan pendinginan pemadaman api. Asal api diketahui dari salah satu kios ditingkat atas.

Kios yang terbakar di dua lantai seluruhnya terbuat dari kayu. Sehingga api cepat membesar, dan  menghabiskan seluruh isi kios, tambahnya.


Diketahui, saat ini kondisi dan pemilik kios hanya pasrah melihat kios tempat mereka meraup rezeki berikut isinya sudah tidak bisa terselamatkan lagi. Mereka berharap agar Pemda Karo bisa membantu meringankan beban mereka yang sudah tidak bisa berbuat lagi, jelas R Tarigan.(nr/bg)



TRENDINGMore