NEWSPERISTIWASUMUT

Sikapi Cuaca Ekstrem, Kapolres Simalungun Himbau Warga Tetap Waspada

Senin, 23 November 2020, 13:39 WIB
Last Updated 2020-11-23T06:39:29Z
Kondisi jalan lintas P. Siantar - Parapat, Km 12 pasca diterjang luapan air sungai Jumat (20/11) malam. Kenderaan yang melintas terpaksa diberlakukan sistim buka tutup.


SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR.COM

 Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, menghimbau masyarakat pengguna jalan umum lintas propinsi, terkhusus wilayah Kab. Simalungun untuk tetap waspada dan berhati-hati menyusul cuaca ekstrem musim penghujan yang mengakibatkan banyaknya jalur lalulintas di wilayah ini rusak diakibatkan meluapnya aliran sungai.


Himbauan itu dikemukakan AKBP Agus Waluyo menyikapi banyaknya jalan lintas yang rusak akibat tergerus longsor, Minggu (22/11).


Dikatakan, curah hujan yang cukup tinggi dan volume air di bawah jembatan naik serta mengikis tanah yang ada dibawah jembatan tersebut, sehingga jalan dan ujung penahan jembatan ambruk. 



" Debit air saat ini sudah normal dan kita sudah siap siagakan para personil Polres Simalungun bersama dengan unsur TNI, BPBD, Dinas Kesehatan dan Kementerian PUPR agar cepat tanggap apa bila terjadi kembali hujan yang dapat mengakibatkan longsor/bencana alam di wilayah Simalungun," kata Kapolres.



Selain jalan lintas P.Siantar - Parapat, Km 12 Kelurahan Balata, Kec. Jorlang Hataran, sejumlah titik ruas jalan yang juga rusak akibat diterjang luapan air sungai antara lain jembatan sungai Andarasi Nagori Parbalogan Kec. Tanahjawa, jembatan sungai Tongguran Pekan Tanahjawa, Kelurahan Pematang Tanahjawa. Kemudian jalan P. Nunut Raya Kahean, tepatnya di perbatasan antara Nagori Bangun Raya dan Kelurahan Sindar Raya area Jembatan Bah Sombu.



Kapolres Simalungun berharap selama proses perbaikan jalan diberlakukan jalur lalu lintas buka tutup. Kita berharap pengguna jalan agar dapat memperlambat laju kendaraan dan bersabar saat melintas dijalur tersebut.



Kapolres juga mengingatkan kepada masyarakat agar menggunakan kenderaan yang layak dikendarai. Periksa semua perlengkapan, perhatikan pengaman, rem, lampu, juga jangan lupa pakai safety belt yang menaiki kendaraan mobil. 



" Wilayah lalu lintas di Simalungun baru terjadi kasus kecelakaan yang menonjol. Untuk itu mari bersama-sama kita menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, gunakan segala perlengkapan keamanan berkendara, kemanapun anda akan berpergian tetap jaga stamina, jangan lupa patuhi protokol kesehatan," kata Kapolres.



Kepada masyarakat juga dapat menginformasikan Polres Simalungun apabila ada kejadian-kejadian seperti bencana alam, laka lantas dan lain sebagainya yang membutuhkan kehadiran Kepolisian dengan cepat dan tanggap melalui Aplikasi Horas Paten Polres Simalungun.



" Anda dapat memilih menu sesuai kebutuhan masyarakat kami personil Polres Simalungun siap membantu kapan dan dimana saja. Karena personil Polres Simalungun selalu menyatukan hati untuk terus mengabdi," tandas Agus Waluyo.(net)


TRENDINGMore