NEWSSAMOSIRVIDEO

Komisi III DPRD Samosir Konsultasi ke BPTD Wilayah Sumut

Jumat, 11 Desember 2020, 23:30 WIB
Last Updated 2020-12-14T23:33:14Z

 

Komisi III DPRD Samosir konsultasi ke BPTD Wlayah Sumut.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM

Komisi III DPRD Kabupaten Samosir melakukan kunjungan kerja ke Kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Propinsi Sumatera Utara di Medan, Jumat (11/12).


Rombongan Komisi III DPRD Kabupaten Samosir dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas Marroha Sinaga bersama ketua komisi III, Jonner Simbolon serta anggota dewan dan diterima oleh Kepala BPTD Wilayah II Sumut, Putu Sumarjaya.


Dalam kunjungannya Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas Sinaga menyampaikan terkait sejumlah pembangunan di Kabupaten Samosir yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Dan juga program kerja yang akan dilakukan di tahun 2021.


“Kedatangan kita untuk mendapatkan masukan, saran dan masalah berkenaan dengan program pembangunan Kementerian Perhubungan di Kabupaten Samosir pada tahun 2020 dan 2021 mendatang,” ungkap Wakil Ketua DPRD Samosir.


Politisi Nasdem itu, berharap nantinya keberadaan sejumlah proyek besar yang dilakukan di Kabupaten Samosir dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, mewujudkan penyelenggaraan transportasi danau yang efektif dan efisien. Yang didukung SDM transportasi yang berkompeten sesuai dengan visi misi Kabupaten Samosir.


Menanggapi itu, Kepala BPTD Wilayah II Sumut, Putu Sumarjaya menjelaskan, guna mendukung pembangunan infrastruktur khususnya transportasi di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, pada tahun 2020 ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,06 triliun.


‘Dana besar tersebut sengaja disediakan guna meningkatkan konektivitas transportasi untuk mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” kata Putu.


Dijelaskan, Kemenhub sedang membangun 12 dermaga penyeberangan di Danau Toba. Antara lain di daerah Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Nainggolan, Bakkara, dan Marbuntoruan.


Bersamaan dengan pembangunan 12 dermaga itu, lalu ada dua kapal RoRo. Selain dermaga penyeberangan, ia melanjutkan, pihaknya juga menyiapkan angkutan darat untuk menunjang konektivitas transportasi, baik dari Silangit-Ajibata maupun dari Silangit ke kawasan Kaldera yang baru diresmikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.


“Untuk Kabupaten Samosir sendiri, di tahun 2020 ini dan masih berlanjut tahun mendatang, ada pembangunan pelabuhan Simanindo dengan Pagu Rp40 m, pembangunan pelabuhan Ambarita Rp28 m  dan pembangunan pelabuhan Sipinggan tahap I Rp4 m,” tuturnya.(BG/TS)



TRENDINGMore