NEWSSAMOSIR

DPRk Aceh Tengah Kunker ke DPRD Samosir

Kamis, 21 Januari 2021, 15:14 WIB
Last Updated 2021-01-21T08:17:35Z

 

Rombongan DPRD Aceh Tengah kunker ke ke DPRD Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Komisi I DPRD Kabupaten Samosir menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Pimpinan dan Anggota DPRK Aceh Tengah di ruang Rapat DPRD Kabupaten Samosir, Kamis (21/1).


Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Samosir Saurtua Silalahi, menyampaikan terimakasih atas kunjungan DPRK Aceh Tengah ke Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga. 


Ditambahkan bahwa Kabupaten Samosir sebagai daerah tujuan wisata sedang proses berbenah ke arah yang lebih baik, sehingga nantinya dapat mendukung  program pemerintah pusat yg telah menetapkan kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata nasional super prioritas.


Menurut sejarah hubungan Kabupaten Samosir sebagai asal muasal suku Batak dengan Suku Gayo yang jadi penduduk asli di Aceh tengah ada keterkaitan sehingga kesannya perjumpaan kita saat diikat hubungan emosional yang kuat, ujar Saurtua. 


Ketua Komisi I DPRD Samosir mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pimpinan dan Anggota DPRK Aceh Tengah, Katanya sambil menutup rapat.


Dalam sambutannya Ketua DPRK Aceh Tengah, Arwin Mega menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan untuk memperoleh informasi mengenai Pariwisata, Adat dan Kebudayaan Samosir.


Hal lain yang perlu kami dapatkan yakni tentang kebijakan- kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan pariwisata dan mempertahankan budaya dari penetrasi modernisasi. 


Dan kami mohon nantinya kami dapat di informasikan tentang destinasi pariwisata yang dapat kami kunjungi, ujar Arwin Mega yang juga politisi PDI Perjuangan. 


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan,  menjelaskan bahwa Kabupaten Samosir sebagai salah satu destinasi prioritas pariwisata di Kawasan Danau Toba saat ini sedang terus berbenah dengan melibatkan semua stakeholder dan para pelaku pariwisata untuk bersinergi dalam mengembangkan pariwisata. 


"Untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir, Pemerintah membuat kegiatan atau event tahunan diantara Gondang Naposo, Horja Bius, Samosir musik internasional, Festival Ulos, Festival Sipinggan, Lomba Solu Bolon,"ujar Kadis Pariwisata.


Sedangkan retribusi dari sektor pariwisata tahun 2020 berkisar Rp 970 juta lebih dan retribusi ini disetorkan langsung ke Badan Pendapatan Daerah Samosir, target ini mengalami koreksi karena disebabkan adanya pandemi covid 19.


Selain mengembangkan Pariwisata khususnya pembenahan infrastruktur ke daerah wisata, juga dikembangkan Kelompok-kelompok sadar wisata yang nantinya diberdayakan dalam pengelolaan objek pariwisata.


Kami berharap rombongan DPRK Aceh Tengah dapat menikmati alam dan budaya Kabupaten Samosir, Ujar Kadis Pariwisata.(BG/TS)


TRENDINGMore