NEWSSAMOSIR

270 Usul Pembangunan Simanindo Disampaikan ke Bappeda Samosir

Jumat, 19 Februari 2021, 17:37 WIB
Last Updated 2021-02-19T14:46:18Z
Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rudi Siahaan menerima hasil Musrenbang Kecamatan Simanindo dari Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kecamatan Simanindo melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Aula Hotel Rogate Simanindo, Jumat (19/2).


Kegiatan ini dihadiri oleh Plh. Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Saul Situmorang, Kepala Bappeda Samosir Rudi Siahaan, Pimpinan SKPD, Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar, para kepala desa, anggota Badan Permusyaratan Desa (BPD), dan tokoh masyarakat. 


Dalam laporannya Camat Simanindo, Hans Rikardo Sidabutar menyampaikan dari 21 desa dan 1 kelurahan,  mengusulkan rencana pembangunan desa tahun 2022 pada Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan di masing-masing desa. 


"Ada 270-an, usulan untuk disampaikan pada Musrenbang Kecamatan Simanindo dan diserahkan kepada Musyawarah kepada Bappeda Samosir untuk selanjutnya dibahas pada Musrenbang Kabupaten Samosir," ungkap Hans.


Asisten II Pemkab Samosir, Saul Situmorang, menyampaikan beberapa hal isu strategis: (1) pengentasan angka kemiskinan; (2) Proses Belajar Mengajar yang tidak optimal selama pandemi; (3) kesulitan mengendalikan pandemi Covid-19; (4) penurunan angka kasus Covid-19; (5) reformasi birokrasi; (6) minimnya inovasi untuk peningkatan ekonomi; (7) integrasi dan sinkronisasi pembangunan oleh semua SKPD; dan (8) tendensi penurunan anggaran setiap tahunnya. 



Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rudi Siahaan, menyampaikan bahwa Pemkab Samosir harus tetap tanggap terhadap perubahan regulasi yang senantiasa berubah akibat penanganan Covid-19 secara nasional. 

Pemkab Samosir, pada TA 2019 telah berhasil menurunkannya sebesar 0.04% yang diiringi bertambahnya jumlah penduduk di Samosir beberapa waktu belakangan ini. (BG/TS)



TRENDINGMore