NEWSPOLITIKSAMOSIR

Anggota DPRD Samosir, Romauli Panggabean Dipecat DPP PDIP

Sabtu, 20 Maret 2021, 01:52 WIB
Last Updated 2021-03-19T18:53:14Z

 

Anggota DPRD Samosir, Romauli Panggabean dari daerah pemilihan (Dapil) Samosir IV, dipecat DPP PDIP.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Setelah mantan Ketua DPRD Samosir periode 2014-2019, Rismawati Simarmata, kini giliran Romauli Panggabean, istri Plh Bupati Samosir, Jabiat Sagala dipecat DPP PDIP dari keanggotaan PDIP dan demikian Romauli dilarang melakukan kegiatan dengan mengatasnamakan PDIP.


Pemecatan itu tercantum dalam surat keputusan DPP PDIP dengan Nomor. 90 /KPTS/DPP/III/2021 tentang Pemecatan Romauli Panggabean dari Keanggotaan PDIP tertanggal 15 Maret 2021, yang ditandatangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.


Alasan pemecatan juga dikarenakan melanggar kode etik dan disiplin PDIP, yakni tidak mendukung Paslon Bupati Samosir yang diusung PDIP, yakni Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, di Pilkada Samosir, dimana pasangan incumbent kalah dari pasangan Vandiko T Gultom-Martua Sitanggang (Vantas).


"Bahwa sesungguhnya sikap tindakan dan perbuatan Romauli Panggabean Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir periode 2019-2024 yang tidak mengindahkan instruksi DPP PDI Perjuangan terkait rekomendasi calon Bupati dan calon wakil Bupati Kabupaten Samosir pada Pilkada Serentak tahun 2020 dengan mendukung calon kepala daerah dari partai politik lain (Nasdem, PKB, Golkar, Demokrat, Gerindra dan Hanura) adalah pembangkangan terhadap ketentuan, keputusan dan garis kebijakan partai, yang merupakan pelanggaran kode etik dan disiplin partai, dikategorikan sebagai pelanggaran berat, " demikian poin pertimbangan alasan pemecatan Romauli yang tertuang dalam SK DPP PDIP tersebut.


Anggota DPRD Samosir, Romauli Panggabean menanggapi SK DPP PDIP tentang pemecatannya, hanya menjawab mohon dukungan nya dan masih mempelajari kepulauan itu, "ujarnya. 


Beredar informasi setelah pemecatan ke dua anggota DPRD Samosir tersebut, masih ada empat orang anggota DPRD Samosir yang akan di pecat dan suratnya sudah disampaikan ke DPP PDIP di Jakarta dan DPD Sumut.(BG/TS)


TRENDINGMore