NEWSPOLITIKSAMOSIR

Pagi Ini MK akan Bacakan Putusan Perkara Pilkada Samosir Tahun 2020

Kamis, 18 Maret 2021, 08:35 WIB
Last Updated 2021-03-18T02:19:47Z

 

Kolase: Gedung MK RI dengan Paslon Bupati Wakil Bupati Samosir Nomor urut 2 dan Nomor urut 3.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Hari ini, Kamis (18/3) Mahkamah Konstitusi (MK) RI akan membacakan hasil putusan Gugatan Pilkada Samosir dilayangkan oleh pasangan calon petahana Nomor urut tiga, Rapidin Simbolon-Juang Sinaga.


Gugatan paslon nomor urut 3 yang diusung partai moncong putih (PDIP) teregister dengan nomor 100/PHP.BUP-XIX/2021.


Adapun paslon peraih suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi KPU adalah paslon Nomor urut dua Vandiko Gultom-Martua Sitanggang.


Jelang putusan MK, kedua kubu yang bertarung di Pilkada Samosir dan berlanjut di MK, memberi tanggapan.


Kubu Vandiko Gultom-Martua Sitanggang yang diusung Koalisi gemuk, menyatakan optimistis bahwa MK akan menolak gugatan yang dilayangkan pasangan petahana Rapidin Simbolon-Juang Sinaga.


Vandiko Gultom menyampaikan kepada seluruh masyarakat Samosir , untuk menghormati keputusan MK. 


Dimana sebelumnya, kami melakukan doa bersama dengan penyalaan seribu lilin, menghimbau seluruh warga Samosir baik itu pendukung Nomor 1, 2 dan 3 untuk menjaga kedamaian dan persatuan, "ujar Vandiko.


Sementara Calon Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyampaikan akan legawa apa pun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).


"Kalau Vandiko yang ditetapkan, ya silakan. Tentu, mereka sudah punya program sendiri kan. Sepanjang program mereka itu untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Samosir, tentu kami mendukung program mereka itu," kata Rapidin.


Meski begitu, Rapidin Simbolon yakin bahwa gugatannya akan dimenangkan oleh MK. Sebab, dalam proses persidangan, semua materi gugatan yang mereka sampaikan terbukti di sidang.


Baik itu mengenai dugaan keterlibatan Bawaslu, KPU, bahkan kepolisian dalam memenangkan pasangan Vandiko Gultom-Martua Sitanggang.

"Putusan MK adalah yang terbaik. Kita tetap tenang, karena ada ruang bagian kita menuntut keadilan, ya kita buat. Dan ternyata kan berjalan dengan baik. Dan terlihat dalam fakta persidangan, ya terbukti semuanya. Persidangannya berjalan lancar semua. Keterlibatan Bawaslu, KPU, Kepolisian kan dalam sidang kelihatan," ujarnya.(BG/TS)



TRENDINGMore