DPRDNEWSSAMOSIR

DPRD Samosir Belajar Pengelolaan Sampah ke Batam

Sabtu, 17 April 2021, 20:21 WIB
Last Updated 2021-05-14T05:25:46Z

 

DPRD Samosir studi banding pengelolaan sampah ke Batam, Kepulauan Riau.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

DPRD Kabupaten Samosir melakukan studi banding atau belajar terkait Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) dan pengembangan pemasaran produk UMKM yang ada di Kota Batam untuk dikembangkan di Kabupaten Samosir.


Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba menyampaikan bahwa kunjungan ini diterima Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto bersama sejumlah anggota di Ruang Holding DPRD Kota Batam.


“Dalam pertemuan dengan Ketua DPRD Kabupaten Batam, tadi kita focus mempelajari tentang TPST dan pengembangan produk UMKM di Kota Batam,” ungkap Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, Sabtu, (17/4).


"Kabupaten Samosir merupakan daerah pariwisata, jadi perlu dilakukan pengelolaan sampah rumah tangga dengan serius dan Kota Batam sudah cukup bagus mengelola sampah dibandingkan dengan kabupaten Samosir.


Ia menyebutkan Kabupaten Samosir berencana akan membangun Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) dan saat ini sudah pada tahap perencanaan dan titik lokasinya ada di daerah Tele, Kecamatan Harian.


“Kita ketahui bahwa TPST Batam pengelolaannya sudah menggunakan teknologi. Jadi ini menjadi fokus kita, dan kita sudah melihat langsung ke lapangan di TPA Punggur bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan anggota DPRD Kota Batam,” ungkapnya.


Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Batam, Tan A Tie menyampaikan terkait kedatangan rombongan DPRD Samosir, ingin mengetahui cara mengelola TPST serta peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mulai dari pelatihan hingga pemasaran.


Ia menyebutkan anggota DPRD Kabupaten Samosir telah mendapat penjelasan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam terkait pengelolaan sampah, dan Dinas UMKM mulai dari mengadakan pelatihan serta pemasaran salah satu contoh produk UMKM adalah batik Gongong Batam.(cts)


TRENDINGMore