EKONOMINEWSPOLITIKSAMOSIR

Empat Kali Berturut-turut, BPK RI Berikan Opini WTP atas LHP-LKPD Samosir TA 2020

Jumat, 16 April 2021, 15:29 WIB
Last Updated 2021-04-16T09:22:58Z

 

Pj Bupati Samosir Harianto Butar-butar bersama Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Kudu Oktain Panjaitan dan Asisten III Lemen Manurung bergambar bersama usai menerima LHP-LKPD Samosir TA 2020. 



SAMOSIR-BERITAGAMBAR:

Pemerintah Kabupaten Samosir memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara, atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Kauangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Samosir dalam 4 tahun berturut-turut.


Kepala BPK RI perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan, menyerahkan LHP Atas LKPD Kabupaten Samosir tahun 2020 kepada Pj Bupati Samosir Harianto Butar-butar di kantor BPK RI Perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (16/4).


Turut hadir Sekdakab Jabiat Sagala, Wakil Ketua DPRD Pantas Marroha Sinaga, Kepala BPKA Jandri Sitanggang, Asisten III Lemen Manurung, dan Kepala Bappeda Samosir Rudi AP Siahaan.


Dalam sambutannya, Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Oydu Oktain Panjaitan mengapresiasi kinerja Pemkab Samosir yang dengan sigap dan tanggap menyelesaikan permasalahan yang ada.


"Kita sangat mengapresiasi Pemkab Samosir yang dengan sigap menyelesaikan temuan BPK RI Perwakilan Sumut dalam waktu yang relatif singkat. Ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan Pemkab Samosir dalam hal pengelolaan dan laporan pertanggungjawaban dalam penggunaan anggaran," ungkap Oydu.


Selain itu Oydu juga menyebutkan Pemkab Samosir sangat pantas mendapatkan predikat top dalam laporan keuangan pemerintah daerah.


"Kita harap Pemkab Samosir dapat mempertahankannya lagi di masa-masa yang datang untuk bisa menjadi contoh bagi daerah lain," harapnya.


Pj Bupati Samosir Harianto Butar-butar, mengatakan LHP atas LKPD Kabupaten Samosir tahun 2020 meraih opini WTP ke -4 kalinya, menjadi bagian penting dalam roda pemerintahan.


"Laporan LKPD ini adalah hasil kerjasama seluruh pihak baik para kepala OPD, DPRD dan lainnya. Ini bisa diselesaikan dan mendapat penilaian WTP berkat dukungan dan kerjasama seluruh pihak," ungkap Bupati.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua DPRD Samosir Saut M Tamba yang menyatakan pencapaian opini WTP atas LKPD Kabupaten Samosir ini merupakan kado terindah buat Kabupaten Samosir.


"Dengan pencapaian opini WTP ke-4 kali berturut-turut, pembangunan Kabupaten Samosir, semakin lebih baik dan kesejahteraan masyarakat Samosir dapat terwujud," ujarnya.


"Kedepan Pemkab Samosir, diminta terus berkarya meningkatkan kualitas pembangunan melalui perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah,"imbuh Saut kader Partai berlambang kepala Banteng gemuk itu. (BG/TS)


TRENDINGMore