NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

BMKG: Hari Ini Samosir Dilanda Gempa

Selasa, 11 Mei 2021, 10:10 WIB
Last Updated 2021-05-11T03:10:48Z
BMKG Medan, merilis 44 kali gempa di sekitar Samosir.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Berdasarkan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Regional I Medan bahwa hari ini telah terjadi 44 kali kejadian gempa bumi di sekitar Samosir.


“Khusus hari ini tanggal 11 Mei 2021, hingga pukul 08.00 WIB ada 44 kejadian gempabumi di sekitar Samosir,” ungkap Lewi Ristiyono, Staf Pusat Gempa Regional I ( PGR 1) Medan kepada Waspada pada Selasa (11/5).


Katanya, berdasarkan sebaran epicenter yang terjadi di kawasan Kabupaten Samosir, gempa yang terjadi dapat dikategorikan gempa swarm yang frekuensi nya terjadi berulang dan sangat lokal.


Sampai saat ini, sudah lebih dari 100 kali kejadian dalam 4 bulan terakhir.


“Untuk sumber kegempaan di wilayah ini masih kita asumsikan adanya dike swarm yang bersifat pararel yang terbentuk sebagai respons terhadap medan tekanan regional atau radiasi dike swarm yang bersumber dari rekahan yang sudah ada sebelumnya dan bukan dari intrusi magma,” kata Lewi Lagi.


Kondisi ini ujarnya memang cukup menarik untuk di teliti, saat ini BMKG-USK sedang melakukan penelitian dan sudah memasang sensor di beberapa titik.


Atas kondisi ini, BMKG menghimbau masyarakat untuk lebih tenang dan sejauh ini belum ada laporan dirasakan dari masyarakat.


Informasinya pada pukul 09.07 wib telah terjadi gempa kembali 2,1 Maghnetudo Skala Richter.(Wsp.id)

TRENDINGMore