DPRDNEWSSAMOSIR

Komisi III DPRD Samosir Rakor ke Basarnas

Jumat, 28 Mei 2021, 21:48 WIB
Last Updated 2021-07-07T00:28:40Z

Ketua Komisi III DPRD Samosir, Jonner Simbolon menyampaikan proposal pembangunan Pos SAR di Samosir.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kabupaten Samosir sebagai pusat pariwisata Danau Toba memiliki banyak objek wisata. Selain itu, karakteristik wilayah kabupaten Samosir yang memiliki pegunungan yang tinggi dan perbukitan membuat tingkat kerawanan akan bencana alam sangat dimungkinkan.


Menelisik tantangan itu, Komisi III DPRD Samosir melakukan rapat koordinasi dan konsultasi (Rakor) ke Kantor SAR Medan.


Ketua Komisi III DPRD Samosir, Jonner Simbolon, mengatakan, dengan melihat kondisi luasan perairan Danau Toba di Kabupaten Samosir dan rawan bencana, pihaknya sudah meminta ke SAR Medan agar ada kantor Pos SAR di Samosir.


"Rakor itu untuk menyampaikan usulan pendirian Pos SAR di Kabupaten Samosir," imbuh Jonner.


“Dengan kehadiran Pos SAR akan memberikan angin segar. Dimana akan meningkatkan dan mempercepat response time pada saat terjadi suatu kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan sehingga meminimalisir korban jiwa,” ujar Jonner.


Atas usulan tersebut, Mantan Wakil Ketua DPRD Samosir itu menerangkan bahwa SAR Medan mengakui dari sisi luasnya Danau Toba maka dengan hanya 1 Pos SAR di Parapat, memang belum maksimal.


Sehingga dengan kedatangan Komisi III DPRD Samosir, dapat meningkatkan koordinasi yang baik dengan menghasilkan persepsi yang sama terkait keinginan agar Kantor SAR Medan hadir di Kabupaten Samosir melalui pendirian Pos SAR.


Dituturkan Simbolon, SAR Medan, akan mengkaji pendirian Pos SAR di Kabupaten Samosir, sebab pembentukan satu Pos SAR memiliki kriteria dan penilaian berupa kerawanan musibah di suatu daerah," jelas Jonner


Selama ini, guna melakukan operasi keselamatan wisatawan yang berkunjung di Danau Toba, Kantor SAR Medan masih hanya menempatkan 1 Pos SAR di Parapat, Kabupaten Simalungun.


Pos SAR di Parapat, sangat jauh dari ibukota Kabupaten Samosir, dengan kata lain, jika ada bencana alam maupun musibah di objek wisata Kabupaten Samosir, tidak bisa segera mendapatkan pelayanan SAR yang lebih cepat, tepat dan efektif.(BG/TS)

TRENDINGMore