MEDANNEWSPERISTIWASUMUT

Peringatan Hari Buruh di Medan, 14 Mahasiswa Diamankan Polresta Medan

Minggu, 02 Mei 2021, 10:35 WIB
Last Updated 2021-05-02T03:35:23Z

 

Mahasiswa melakukan aksi peringatan hari buruh atau Mau Day di Medan.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Medan yang dilaksanakan sejumlah elemen aktivis tidak berjalan mulus.


Saat melakukan long march dari simpang Jalan dr Mansyur Medan menuju simpang Jalan Juanda, polisi menangkapi massa aksi yang menamakan dirinya RAME HUNI (Rakyat Melawan Hancurkan Tirani).


Menurut keterangan Lusty Malau, peserta massa aksi, awalnya polisi menangkap Afif mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).


"Saat itu, Afif tengah mengikat tali sepatu. Namun tiba-tiba dia ditangkap polisi," kata Lusty, Minggu (2/5/2021).


Melihat Afif ditangkap tanpa alasan yang jelas, massa aksi terprovokasi. Mereka berusaha melepaskan Afif dari cengkraman petugas. Namun, alih-alih ingin membebaskan rekannya, peserta aksi lain justru ikut ditangkap. Jumlah peserta aksi yang diamankan ada 14 orang.


Sejak Sabtu (1/5/2021) hingga hari ini Minggu (2/5/2021), ke 14 orang itu masih ditahan di Polrestabes Medan. Belum tahu apa alasan polisi menangkap peserta aksi.


Apakah karena dalih tidak melampirkan surat pemberitahuan, atau justru karena alasan lain. Saat ditahan di Polrestabes Medan, massa aksi itu tidak diberi makan. 


"Saat kami datangi semalam, mereka masih diinterogasi intel di Polrestabes, bahkan mengaku belum diberi makan di dalam oleh kepolisian yang bertugas. Sehingga kami di luar harus patungan," kata Lusty. 


Untuk mebebaskan rekan-rekannya Lusty dan peserta aksi lain kini tengan membangun komunikasi dengan LBH Medan dan Bakumsu.


Dari keterangan Lusty, adapun ke 14 mahasiswa yang diamankan itu terdiri dari 14 kampus.


Universitas Sumatera utara 

1. Dimas 

2. Ganda

3. Neti 

4. Tisya 

5. Afif

6. Johan 

7. Aifo

8. Ica



Universitas Nomensen

1. Risa

2. Supra

3. Yustri


Universitas Negeri Medan

1. Morina

2. Romian


Universitas medan area 

1. Denis


Terkait kasus ini, Wartawan masih berupaya mengonfirmasi polisi menyangkut alasan diamankannya para peserta aksi tersebut. (BG/TNC)



TRENDINGMore