NEWSPERISTIWAPOLITIKSUMUT

Aliansi Serikat Buruh, Minta Pemerintah Selesaikan Perestiwa Natumingka

Rabu, 16 Juni 2021, 11:44 WIB
Last Updated 2021-06-16T11:51:08Z

Buruh dan pekerja PT TPL sampaikan aspirasi kepada Bupati Toba, yang diterima Wakil Bupati Tonny Simanjuntak, Rabu (16/6).

 

BALIGE-BERITAGAMBAR: 

Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Kabupaten Toba mendatangi Kantor Bupati Toba untuk mendesak Forkopimda untuk menyelesaikan seluruh peristiwa yang terjadi antara warga dan PT TPL di Desa Natumingka, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba.


Mereka juga meminta seluruh kejadian ditindak lanjuti dengan tegas karena dinilai sudah mengusik ketertiban dan keamanan masyarakat buruh. 


"Kami tidak berpihak kepada siapapun, Siapa yang bersalah supaya diberi hukuman setimpal karena atas kejadian tersebut sudah menjadi ancaman baru pada keamanan dan kehidupan buruh," ujar Kordinator Aliansi Serikat Pekerja/Buruh di Toba, Berlin Marpaung, Rabu(16/6) di Aula Kantor Bupati Toba di Balige. 


Ia mengatakan, kejadian yang saat ini bergulir terus dipastikan ada dalang dibaliknya, untuk itu harus dilakukan proses hukum demi lebih kondusifnya situasi baik di Desa Natumingka maupun masyarakat buruh. 


"Kalau hal ini tidak bisa dituntaskan oleh pemerintah maka waktu dekat seluruh buruh akan turun melakukan aksi guna mendesak kembali pemerintah," sebutnya. 


Ketua Buruh SBSI 92,Periana Hutagaol secara tegas menegaskan keberadaan pemerintah sangat penting menyeksaikan kasus Natumingka ini. Diakuinya, kejadian di Desa Natumingka telah menjadi ancaman bagi kalangan buruh. 


"Kami menilai keributan secara sengaja dimunculkan oleh sekelompok orang tertentu tanpa memikirkan kepentingan banyak orang khususnya buruh. Dalam hal ini pemerintah supaya turun mencaritau dan membuat keputusan sifatnya objektif tanpa tekanan maupun desakan," ucapnya. 


Pangeran Marpaung sebagai buruh di PT TPL menyampaikan, PT TPL telah banyak berbuat demi kemajuan masyarakat dan pencegahan Covid-19 ditambah pemberdayaan warga sekitar. 


"Bukankah selama ini PT TPL tidak pernah berbuat baik? Apa hanya karena hasrat oleh oknum yang tidak terpenuhi sehingga nasib banyak orang terlantar dan menyerukan supaya PT TPL ditutup? Terakhir penanganan dan pencegahan Covid-19 perusahaan telah maksimal berbuat bagi masyarakat," ucapnya. 


Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak yang menerima Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh di daerahnya menjelaskan seluruh aspirasi yang disampaikan akan dibawa dalam pembahasan bersama Forkopimda. 


"Sudah kami catat semua isi hati kalian (Buruh), waktu dekat akan kami undang unsur pimpinan bagaimana lanjutan penyelesaian masalah tersebut," katanya. (BG/REL)



TRENDINGMore