EKONOMINEWSSAMOSIRSUMUT

Pemkab Samosir Tutup Festival Mangga

Kamis, 03 Juni 2021, 21:08 WIB
Last Updated 2021-07-08T03:12:42Z
Pemkab Samosir menutup Festival Mangga. 


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kepala Dinas Budpora Waston Simbolon bersama Kepala Dinas Kominfo Rohani Bakara menutup Festival Mangga Toba 2021 Menuju UMKM Samosir Industri Wisata di Desa Silimalombu, Kecamatan Onan Runggu, Samosir, Kamis (03/06). 


Penggagas festival mangga toba Ratnauli Gultom menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara Festival Mangga Toba 2021, disampaikan banyak para pengunjung yang datang dari luar daerah sangat antusias dalam mengikuti acara festival mangga, dimana semua pengunjung mencari langsung buah mangga yang terjatuh dari pohonnya.


Selanjutnya disampaikan bahwa salah satu produk yaitu Wine Mangga juga banyak diminati oleh wisatawan china bahkan meraka langsung membeli Wine Mangga dengan jumlah yang cukup banyak untuk membantu memasarkan kepada keluarga mereka. Tidak hanya Wine Mangga, produk olahan yang lain yaitu Es Cream mangga juga sudah banyak yang berminat dari luar daerah mereka juga ingin bekerjasama untuk pemesanan Ice Cream Mangga yang berkelanjutan untuk dipasarkan. “Diharapkan dengan terlaksananya Festival Mangga Toba ini dapat menjadi suatu Produk Unggulan di Kawasan Danau Toba” Ujar Ratna.


Dalam sambutannya Bupati Samosir yang diwakili oleh Kadis Budpora Waston Simbolon menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Mangga Toba 2021, semoga dengan terlaksananya festival mangga ini dapat menjadi Icon baru Produk Unggulan olahan mangga yang ada di Kabupaten Samosir. “dari segi populasi mungkin masih lebih banyak daerah lain yang memproduksi mangga, oleh sebab itu diharapkan kepada penggagas festival agar tetap mempertahankan eksistensi Festival Mangga Toba agar tidak di ambil alih oleh orang lain” tegas Waston.


Berbagai macam olahan yang barbahan mangga merupakan suatu hal baru yang ada di Kabupaten Samosir, tetap pertahankan dan segera urus ijin hak paten agar mudah untuk pemasarannya. 


"Pemerintah Kabupaten Samosir saat ini sedang mempersiapkan suatu produk unggulan diantaranya Ulos berbahan alami, Kacang rondam, dan Produk olahan mangga Samosir untuk dipasarkan melalui produk-produk UMKM dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat samosir," ujarnya.(BG/TS)

TRENDINGMore